EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media animasi dalam proses pembelajaran IPA pada materi organ pencernaan. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 12 orang siswa kelas V MI Ash-Sholihin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan media animasi dalam proses pembelajaran IPA materi organ penernaan pada anak kelas V di MI Ash-Sholihin. Hasil penelitian ini didapatkan dari hasil belajar siswa setelah menggunakan media animasi yang menunjukkan bahwa keefektifan media animasi pada proses pembelajaran IPA materi organ pencernaan di kelas V berada di kategori sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa media animasi dikatakan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran IPA kelas V di MI Ash-Sholihin
Downloads
Article Details
References
Santoso, S, Chotibuddin. 2019. Pembelajaran Blended Learning Masa Pandemi. Pasuruan, Jawa Timur : CV. Penerbit Qiara Media.
Gusti S, dkk. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Covid-19. Medan Tuntungan : Yayasan Kita Menulis.
Akma, A, dkk. 2020. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Metode Ekspositori Pada Peserta Didik Kelas 5 SD Negeri Pasar Baru Bayang Pesisir Selatan. Jurnal Mutiara Pendidikan. 05 : 2541-0253.
Suntaso, A. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group.
Tamara, M, dkk. 2019. Aplikasi Pembelajaran Interaktif Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa SD. Jurnal Teknik Informatika : 2685-6131.
Jundu, R, dkk. 2020. Pengembangan Video Pembelajaran IPA Berbasis Kontekstual Di Manggarai Untuk Belajar Siswa Pada Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Pendidikan IPA. 10 : 2301-5071