EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Nur Afhrija Zahra
Ersi Mutia Sari
Wenda Audina
Husnul Khotimah
Nurbaiti Fitri

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media animasi dalam proses pembelajaran IPA pada materi organ pencernaan. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 12 orang siswa kelas V MI Ash-Sholihin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan media animasi dalam proses pembelajaran IPA materi organ penernaan pada anak kelas V di MI Ash-Sholihin. Hasil penelitian ini didapatkan dari hasil belajar siswa setelah menggunakan media animasi yang menunjukkan bahwa  keefektifan media animasi pada proses pembelajaran IPA materi organ pencernaan di kelas V berada di kategori sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa media animasi dikatakan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran IPA kelas V di MI Ash-Sholihin

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Zahra, N. A., Sari, E. M., Audina, W., Khotimah, H., & Fitri, N. (2020). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA, 5(2), 39–43. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v5i2.1751
Section
Artikel

References

Alannasir, W. 2018. Pengaruh Penerapan Media Animasi Terhadap Motoifasi Belajar Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Inpres Sudiang. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar. 01 : 2620-6307.
Santoso, S, Chotibuddin. 2019. Pembelajaran Blended Learning Masa Pandemi. Pasuruan, Jawa Timur : CV. Penerbit Qiara Media.
Gusti S, dkk. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Covid-19. Medan Tuntungan : Yayasan Kita Menulis.
Akma, A, dkk. 2020. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Metode Ekspositori Pada Peserta Didik Kelas 5 SD Negeri Pasar Baru Bayang Pesisir Selatan. Jurnal Mutiara Pendidikan. 05 : 2541-0253.
Suntaso, A. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group.
Tamara, M, dkk. 2019. Aplikasi Pembelajaran Interaktif Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa SD. Jurnal Teknik Informatika : 2685-6131.
Jundu, R, dkk. 2020. Pengembangan Video Pembelajaran IPA Berbasis Kontekstual Di Manggarai Untuk Belajar Siswa Pada Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Pendidikan IPA. 10 : 2301-5071