PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MATA PELAJARAN IPA PADA MATERI POKOK KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI DI KELAS III SD NEGERI 106148 BULU CINA T.A 2018/2019
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuanuntukmeningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together pada materi kenampakan permukaan bumi di kelas III SD Negeri 101648 Bulu Cina T.A 2018/2019. Subjek dalam penelitianini adalah siswa kelas III yang berjumlah 31siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian dilakukan selama 2 siklus dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitianberupa data tes objektif dan data observasi kegiatan aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanyahasilbelajarmeningkatpada22 siswa siklus I nilai rata-rata siswa 73,54dengan ketuntasan klasikal 70,96% dan pada siklus II sebanyak 28 siswa meningkat, nilai rata-rata siswa 81,74dengan ketuntasan klasikal 90,32%. Model pembelajaran kooperaif tipe NHT juga dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 67,30% menjadi 88,46% Dari tindakan dan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi kenampakan permukaan bumi di kelas III SD Negeri 106148 Bulu Cina T.A 2018/2019
Downloads
Article Details
References
Arikunto Suharsimi, 2010, Prosedur Penelitian, Rineka Cipta, Jakarta.
Astrawan I Gede Budi, 2014, Penerapan Model Kooperatif Tipe NHT Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SDN 3 Tonggolobibi, 3(4): 1-14. Journal Kreatif Taduloko (diakses tanggal 15 janari 2019)
Ginting Nurlia. 2012. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) Pada Mata Pelajaran IPA Materi Pokok Gaya Magnet Di Kelas V SDN 024766 Binjai. 1-5. e_Journal. (diakses tanggal 15 januari 2019)
H. Isjoni, 2011, Cooperative Learning, Alfabeta, Bandung.
Hasibuan Nurhadi. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Numbered Head Together Pada Pelajaran Sains Kelas IV SD Negeri 117847Sei Sanggul.1-29. e_Journal . (diakses pada tanggal 15 januari 2019)
Istarani, 2011, 58 Model Pembelajaran Inovatif, Media Persada, Medan.
Kadir, 2016, Statistika Terapan, Rajawali Pres, Jakarta..
Marhadi Hendri Marhadi, 2014, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vd SDN 184 Pekanbaru, 3(2): 1-8. Journal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. (diakses pada tanggal 15 januari 2019)
Priansa Donni Juni, 2017, Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran, CV Pustaka Setia, Bandung.
Sudjana Nana, 2016, Penilaian HasilProses Belajar Mengajar, Rosda, Bandung.
Tambubolon Saur, 2013, Penelitian Tindakan Kelas, Erlangga, Jakarta.
Tresnayani Amelyandini, dkk, 2017, Penerapan Pembelajaran Inquiri Pada Materi Kenampakan Permukaan Bumi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Kenampakan Permukaan Bumi Kelas III-A SDN Sindangraja Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang, 2(1): 1-8. Journal Pena Ilmiah. (diakses pada tanggal 15 januari 2019)
Trianto, 2011, Mendesain Model Pembelejaran Inovatif-Progresif, Kencana, Jakarta