PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MATA PELAJARAN IPA PADA MATERI POKOK KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI DI KELAS III SD NEGERI 106148 BULU CINA T.A 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v4i2.1723Keywords:
Hasil Belajar; Numbered Head Together (NHT)Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together pada materi kenampakan permukaan bumi di kelas III SD Negeri 101648 Bulu Cina T.A 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian dilakukan selama 2 siklus dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian berupa data tes objektif dan data observasi kegiatan aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya hasil belajar meningkat pada 22 siswa siklus I nilai rata-rata siswa 73,54dengan ketuntasan klasikal 70,96% dan pada siklus II sebanyak 28 siswa meningkat, nilai rata-rata siswa 81,74dengan ketuntasan klasikal 90,32%. Model pembelajaran kooperaif tipe NHT juga dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 67,30% menjadi 88,46% Dari tindakan dan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi kenampakan permukaan bumi di kelas III SD Negeri 106148 Bulu Cina T.A 2018/2019.