PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MELALUI METODE EKSPOSITORI PADA PESERTA DIDIK KELAS 5 SD NEGERI PASAR BARU BAYANG PESISIR SELATAN

Main Article Content

Atika Ulya Akma
Nenen Salmi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui metode pembelajaran ekspositori pada siswa kelas V SD Negeri 5 Pasar Baru Bayang pada tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui beberapa teknik yaitu (1) observasi, (2) dokumentasi, (3) tes akhir siklus. Data dianalisis dengan menggunakan analisis rata-rata skor kelas, ketuntasan belajar klasikal, observasi aktivitas siswa, dan angket tentang respons siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah tindakan pada akhir siklus pertama dengan skor rata-rata dan persentase penguasaan belajar yang meningkat dari siklus I ke siklus II, yaitu dari rata-rata skor 61,9 hingga 73,3 dengan skor kriteria penguasaan minimum (KKM) 76. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Fisika melalui metode pembelajaran ekspositori dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas 5 SD Negeri 5 Pasar Baru Bayang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Akma, A. U., & Salmi, N. (2020). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MELALUI METODE EKSPOSITORI PADA PESERTA DIDIK KELAS 5 SD NEGERI PASAR BARU BAYANG PESISIR SELATAN. JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v5i1.1171
Section
Artikel

References

Arikunto, Suharsimi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa. (2006). Kurikulum yang Disempurnakan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nana, Sudjana. (2003). Cara Belajar Murid Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Rustaman, N. (2014). Materi dan pembelajaran IPA SD.
Sagala, Syaiful. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran . Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukerni, P. (2014). Pengembangan Buku Ajar Pendidikan IPA Kelas IV Semester I SD No. 4 Kaliuntu dengan Model Dick and Carey. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 3(1).
Susiani, K., Dantes, N., & Tika, N. (2013). Pengaruh model pembelajaran quantum terhadap kecerdasan sosio-emosional dan prestasi belajar IPA siswa kelas V SD di Banyuning. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1).