Pengaruh Hard Skill, Soft Skill, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bintang Utara Putra

Authors

  • Effina Tringgani Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Zamalludin Sembiring Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Anggia Sari Lubis Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Yayuk Yuliana Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Iskandar Zulkarnaen Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.51544/jmm.v9i1.5108

Keywords:

Hard Skills, Soft Skills, Budaya Organisasi, Kinerja Karyawan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengevaluasi bagaimana budaya organisasi, soft skill, dan hard skill mempengaruhi kinerja pekerja di PT. Bintang Utara Putra. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh karyawan PT. Bintang Utara Pria. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 53 responden yang menggunakan rumus Slovin. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan angket dengan skala pengukuran data skala likert. Uji asumsi tradisional, validitas, dan reliabilitas digunakan dalam pendekatan analisis data. Regresi linier berganda digunakan dalam proses analisis data dengan menggunakan software SPSS. Temuan penelitian ini menunjukkan, setidaknya sebagian, bahwa staf PT mendapat manfaat besar dari hard skill. Bintang Utara Putra. Bagi karyawan PT, soft skill berpengaruh positif dan signifikan. Bintang Utara. Bagi karyawan PT, budaya organisasi mempunyai dampak yang besar dan positif. Bintang Utara untuk Pria. Secara simultan hasil penelitian ini menyatakan bahwa hard skill, soft skill dan budaya organisasi secara simultan berpengaruh terhadap karyawan PT. Bintang Utara Putra dengan nilai Fhitung (40,515) > Ftabel (2,79), dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbary, M. F., & Rustono, A. (2015). Pengaruh Employee Engagement Terhadap Kinerja Karyawan Dana Pensiun (DAPEN) Telkom Bandung. eProceedings of Management, 2(2).

Astutik, WS, & Pambudi, (2019). Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui Hard Skill, Soft Skill dan Pengalaman Kerja Pada PT. Erajaya (Erafone) di Malang Tahun 2019. Media Bina Ilmiah , 14 (4), 2399-2406.

Bintoro, & Daryanto. (2017). Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. (Cetakan 1). Yogyakarta : Gava Media.

Fadhil, SS, Ismail, R., & Alnoor, A. (2021). Pengaruh soft skill terhadap kelayakan kerja: studi kasus pada sektor industri teknologi di Malaysia. Jurnal Interdisipliner Informasi, Pengetahuan, dan Manajemen , 16 , 255.

Febriani, F. A., & Ramli, A. H. (2023). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Keterikatan Karyawan. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 11(2), 309-320.

Ghozali. I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS (Edisi Sembilan). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegor.

Ibrahim, R., Boerhannoeddin, A., & Bakare, KK (2017). Pengaruh soft skill dan metodologi pelatihan terhadap kinerja pegawai. Jurnal Pelatihan dan Pengembangan Eropa , 41 (4), 388-406.

Jaya, H, A, & Rosadi, I. (2022). Pengaruh Hard Skill Dan Soft Skill Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Dians Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Pinrang. KEPUTUSAN: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis , 3 (2), 189-195.

Kaswan. (2016). Teori-Teori Pelatihan dan Pengembangan. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Lisdiana, F. (2019). Pengaruh HardSkill Dan Softskill Terhadap Kinerja Karyawan Pada Sentra Industry Boneka Di Sukamulya Bandung. Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 1.

Panji, I., Prakoso, W., & Cahayani, A. (2021). Analisis Hard Skill Dan Soft Skill Room Attendant Hotel Ibis Gading Serpong. In Jurnal Transaksi (Vol. 13, Issue 1).

Putri, I. I., Sinring, B., Arfah, A., Alwany, T., & Taufan, R. R. (2023). Pengaruh Hard Skill dan Soft Skill Terhadap Kinerja Karyawan. Center of Economic Students Journal, 6(2), 223-238.

Rasid, Z., Tewal, B., & Kojo, C. (2018). Pengaruh hard skill dan soft skill terhadap kinerja karyawan Perum Damri Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(2).

Rokhayati, A., Kambara, R., & Ibrahim, M. (2017). Pengaruh Soft Skill dan Perencanaan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kualitas Pelatihan Sebagai Variabel Modertor (Studi Empiris Pada Pt. Krakatau Tirta Industri Cilegon). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa, 1(2).

Sintani, L, M. M., Fachrurazi, H., Mulyadi, S. E., Nurcholifah, I., EI, S., Fauziah, M. M., ... & Jusman, I. A. (2022). Dasar Kepemimpinan. Cendikia Mulia Mandiri.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. . Bandung: ALFABETA.

Sulaksono, H. (2015). Budaya organisasi dan kinerja . Publikasikan lebih dalam.

Wardani, R. K., Mukzam, M. D., & Mayowan, Y. (2016). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 31(8)

Wardiah, ML (2017). Teori Perilaku dan Budaya Organisasi. Pustaka Setia. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/123722/teori-perilaku-dan-budaya-organisasi.html

Downloads

Published

2024-06-30