Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Ayam Penyet Lamongan Lubuk Pakam

Authors

  • Fadly Herawansyah. S Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Muhammad Rahmat Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Mhd. Hilman Fikri Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Horia Siregar Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.51544/jmm.v9i1.5077

Keywords:

Promosi, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Ayam Penyet Lamongan Lubuk Pakam. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Sampel pada penelitian ini berjumlah 96 responden yang diambil menerapkan rumus Lemeshow. Instrumen penelitian memanfaatkan kuesioner dengan skala pengukuran data Skala Likert. Teknik analisa data menerapkan pengujian validitas, reliabilitas dan asumsi klasik. Metode analisis data menerapkan regresi linear berganda dibantuan program SPSS. Hasil penelitian menampilkan dengan parsial promosi memberi pengaruh signifikan dan positif pada keputusan pembelian di Ayam Penyet Lamongan Lubuk Pakam. Harga memberi pengaruh signifikan dan positif pada keputusan pembelian di Ayam Penyet Lamongan Lubuk Pakam. Secara Simultan penelitian ini menampilkan promosi dan harga dengan bersamaan memberi pengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian di Ayam Penyet Lamongan Lubuk Pakam. Nilai koefisien determinasi (R Square) pada penelitian ini senilai 0,764. Artinya 76,4% variabel dependen bisa diterangkan dari variabel independent sementara sisa hasil diterangkan dari variabel lainnya selain variabel yang diamati.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agmasari, S. (2021). Sektor Kuliner Penyumbang Terbesar PDB Ekonomi Kreatif Indonesia. Kompas.Com. https://www.kompas.com /food/read/2021/08/11/210300375/sektor-kuliner-penyumbang-terbesar-pdbekonomi-kreatif-indonesia#google_vignette

Ananda, F. R. (2021). Ini Alasan Bisnis Kuliner Jadi Pilihan Peluang Usaha Menjanjikan. Okezone.Com. https://economy.okezone.com/read/2021/04/26/455/2400875/ini-alasan-bisniskuliner-jadi-pilihan-peluang-usaha-menjanjikan

Azahra, F., & Hadita, H. (2023). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Variabel Intervening Minat Beli KFC Golden City Bekasi Di Sosial Media Instagram. Jurnal Economina, 2(2), 678-691.

Baihaky, S., Yogatama, A. N., & Mustikowati, R. I. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokkebi Snacks Malang. JISOS: Jurnal Ilmu Sosial, 1(2), 85-104

Fauzi, M. M., Slameta, J., & Hartati, L. (2023). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Franchise M3 Fried Chicken Di Kabupaten Tangerang. JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN HUMANIORA, 3(1).

Febriana, J., Supraptini, N., & Ayu, P. D. (2024). Pengaruh Cita Rasa, Promosi, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Martabak Favorit Di Ungaran. BISECER (Business Economic Entrepreneurship), 7(1), 89-104.

Fitriana, F., Hasan, S., & Hasbi, H. (2023). The Effect of Price, Product Quality, Promotion, Brand Image, and Location on the Purchasing Decision of Traffic Bun Grancity Balikpapan. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(1), 933-945.

Haffi, M. (2021). Analisis Kebijakan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Mobil Mitsubishi Xpander Pada Dealer Mitsubishi Motors Banjarbaru (Universitas Islam Kalimantan MAB).

Hasibuan, K. A., Nasution, S. L. A., & Halim, A. (2023). Pengaruh Harga, Word of Mouth dan Servicescape Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Café Ayos Coffe Rantauprapat. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(4), 2979-2989.

Helianthusonfri, J. (2020). Instagram Marketing Untuk Pemula. Elex Media Komputindo.

Herlambang, T. M. (2024). Analysis of Price, Promotion, and Brand Image on Purchasing Decisions and their Implications for Customer Satisfaction of all Chicken Mart Frozen Food Products.

Indrasari. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.

Khilmiana, N. (2023). Analisis Pengaruh Selera, Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Ayam Frozen Pada Kios Yamiku Cabang Pekalongan (UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan).

Kotler, P. Amstrong, G, (2016), Principles of Marketin, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.

Latief, A. (2018). Analisis pengaruh produk, harga, lokasi dan promosi terhadap minat beli konsumen pada warung wedang jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(1), 90-99.

Nita, I. F., Prasetya, A., Santoso, H. T., Karnain, B., Sugiharto, S., & GS, A. D. (2024). Dampak Variabel Produk, Promosi, dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Krupuk Ayam Bawang di Desa Krembangan Taman Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Manajemen dan Akuntansi, 3(1), 20-39.

Parry, M. E., Sarma, S., Yang, X. (2021). The Relationships among Dimensions of Perceived Risk and the Switching Intentions of Pioneer Adopters in Japan. Journal of International Consumer Marketing, 33(1), 38–57.

Rahmawati, Y. I., Purwanto, H., & Kadi, D. C. A. (2023). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ayam Geprek Juara Cabang Madiun. In SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (Vol. 5).

Sumantoro, H., & Tabrani, M. I. (2023). The Effect Of Prices And Promotions On Luti Drum Buying Decision In Tanjung Pinang. Penanomics: International Journal of Economics, 2(1), 39-47.

Tjiptono, F. (2018), Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan,dan Penelitian. Yogyakarta: Andi

Wati, L. I., Pujianto, A., & Andayani, S. (2023). Pengaruh Word Of Mouth dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Ayam Geprek Juara (Pada Masyarakat Merr Surabaya). SOSIALITA, 2(2), 417-428

Windi, P., & Mursid, M. C. (2021). Pentingnya perilaku organisasi dan strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan bisnis di era digital. Jurnal Logistik Bisnis, 11(2), 71-77.

Yosef Tonce, S. E., & Rangga, M. Y. D. P. (2022) Minat Dan Keputusan Pembelian: Tinjauan Melalui Persepsi Harga & Kualitas Produk (Konsep dan Studi Kasus). Penerbit Adab

Downloads

Published

2024-06-30