GAMBARAN TINGKAT KECEMASAN REMAJA PUTRI DALAM MENGHADAPI MENARCHE DI SD SARASWATI TABANAN

Main Article Content

Desak Made Firsia Sastra Putri
Desak Gede Yenny Apriani
I Gede Nyoman Ardi Supartha

Abstract

Perjalanan unik menuju masa remaja ditandai dengan perubahan pada status kesehatan baik fisik, emosional, dan mental seseorang. Remaja putri, biasanya berusia antara 10 sampai 16 tahun mengalami transisi kehidupan yang signifikan ketika mereka mengalami menstruasi pertama, yang juga dikenal sebagai menarche. Remaja putri biasanya mengungkapkan ketidakpuasan mereka dengan mulai timbulnya perasaan cemas dan takut dalam menghadapi menarche. Timbulnya rasa kecemasan selama menarche dapat dikaitkan dengan kurangnya pemahaman dan informasi tentang mengelola perasaan tersebut. Adapun tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana siswi SD Saraswati Tabanan menggambarkan tingkat kecemasan dalam menghadapi menarche. Desain yang digunakan adalah deskriptif kuantitif. Pemilihan sampel dengan teknik Purposive Sampling sebanyak lima puluh delapan siswi kelas lima dari SD Saraswati Tabanan yang menjadi subjek dalam penelitian ini. Didapatkan hasil bahwa siswi di SD Saraswati Tabanan mengalami kecemasan kategori yang sedang dalam menghadapi menarche. Dalam menghadapi menarche siswi di SD Saraswati Tabanan merasakan tingkat kecemasan yang sedang. Diharapkan pada penelitan selanjutnya akan menggunakan desain penelitian lain serta sampel yang lebih banyak, sehingga hasil akan lebih representatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putri, D. M. F. S., Apriani, D. G. Y., & Supartha, I. G. N. A. (2024). GAMBARAN TINGKAT KECEMASAN REMAJA PUTRI DALAM MENGHADAPI MENARCHE DI SD SARASWATI TABANAN. JURNAL MUTIARA KESEHATAN MASYARAKAT, 9(1), 1–5. https://doi.org/10.51544/jmkm.v9i1.4954
Section
Artikel

References

Nora R. Hubungan Pengetahuan Dengan Tingkat Kecemasan Menghadapi Menarche Pada Siswi Di Sdn 02 Lubuk Buaya Padang. Al-Asalmiya Nursing: Jurnal Ilmu Keperawatan (Journal of Nursing Sciences). 2020;9(1):27–35.

Hayati F, Gustina G. Hubungan Pengetahuan dengan Tingkat Kecemasan Remaja Putri Menghadapi Menarche di SMP Negeri 13 Kota Jambi. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi. 2020;9(2):149–53.

Nurravni V, Haryani H. Hubungan Pengetahuan Remaja Putri Tentang Menarche dengan Kecemasan Menghadapi Menarche Di SD Negeri 1 Pasirhalang Wilayah Kerja Puskesmas Sukaraja Kabupaten Sukabumi. Jurnal Ilmu Kesehatan Karya Bunda Husada. 2021;7(2):21–32.

Kementrian Kesehatan RI. Laporan Nasional RISKESDAS 2018. Jakarta; 2018.

Anggraeni W, Sari KIP. Hubungan Pengetahuan Remaja Tentang Menstruasi Dengan Tingkat Kecemasan Dalam Menghadapi Menarche Pada Siswi Kelas Iv Dan V Sdi Darul Hikmah Krian Sidoarjo. Nurse and Health: Jurnal Keperawatan. 2018;7(1):80–5.

Jumrotin S, Meiyuntariningsih T. Terapi Relaksasi Progresif Untuk Menurunkan Kecemasan Siswi Dalam Menghadapi Menarche. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia. 2018;7(1):79–92.

Sugiyono. Statistika Untuk Kesehatan. Bandung: Alfabeta; 2015.

Intaniza N, Tampubolon NR, Bayhakki B. Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Menarche Satu Tahun Pertama. JUKEJ: Jurnal Kesehatan Jompa. 2023;2(2):120–9