Guideline Author

Panduan penulisan Jurnal Mutiara Kesehatan Masyarakat

 

Umum

  1. Naskah harus ditulis dalam bahasa Indonesia dan tidak pernah dipublikasikan di jurnal manapun yang memiliki ISSN atau ISBN.
  2. Naskah dapat berbentuk penelitian atau studi kasus.
  3. Semua kasus yang diterima harus memiliki perhatian pada kasus-kasus yang sulit, unik, dan langka dengan pemecahan masalah yang tidak biasa, mengandung kepentingan, dan sangat penting untuk dipublikasikan.
  4. Naskah harus ditulis dalam bentuk artikel, bukan laporan. Naskah yang ditulis harus menggunakan ketaatan bahasa Indonesia yang baik dengan prinsip-prinsip tata bahasa Indonesia.
  5. Penulis harus mendaftar sebagai penulis di tautan ini sebelum masuk ke jurnal Mutiara Kesehatan Masyarat, untuk menyerahkan dan mengunggah manuskrip.
  6. Naskah akan diterbitkan di Jurnal Mutiara Kesehatan Masyarakat setelah ditinjau oleh peer reviewer.
  7. Staf editorial memiliki hak untuk mengedit naskah tanpa membuat perubahan pada isinya.
  8. Penulis naskah bertanggung jawab atas isi naskah yang diterbitkan.
  9. Jurnal Mutiara Kesehatan Masyarakat akan memberi tahu penulis jika ada naskah yang tidak diterbitkan.
  10. Naskah dan ilustrasi yang diserahkan secara sah milik penerbit dan tidak boleh dipublikasikan di media lain tanpa izin resmi dari penerbit.
  11. Semua bentuk komunikasi harus berbasis elektronik.
  12. Template tulisan dapat diunduh di situs Jurnal Mutiara Kesehatan Masyarakat.
  13. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi: Unit Publikasi, Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Jl Kapten Muslim No. 79 Medan, 20123, e-mail: jmutiarakesmas@gmail.com

 Sistematis penulisan

  1. judulharus dilengkapi dengan nama penulis, institusi penulis, alamat dan e-mail korespondensi (e-mail harus menggunakan alamat e-mail yang formal).
  2. Abstrakharus ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Abstrak penelitian dibuat dalam satu paragraf tanpa anak judul yang mana terdiri dari latar belakang, objektif, metode penelitian, hasil, kesimpulan dan kata kunci (3-5 kata).
  3. Anak judul terdiri dari: Pengenalan(terdiri dari latar belakang, formulasi masalah, tinjauan literatur, dan objektif ditulis dalam satu halaman tanpa anak judul), Metode PenelitianhasilPembahasanKesimpulan (terdiri dari kesimpulan dan saran, dalam satu paragraf atau lebih, tidak dalam bentuk poin-pin), Kata PengantarReferensi.
  4. Penelitian harus dinarasikan dalam kalimat tidak dalam poin-poin.
  5. Penulis harus menyertakan salinan elektronik persetujuan tertulis dan ditandatangani (informed consent) untuk mempublikasikan informasi dari pasien dan persetujuan etik dari lembaga etik institusi sebelum diserahkan. Naskah yang diserahkan harus menyertakan pernyataan ini dalam

Laporan Kasus:

  1. Judul, nama penulis, institusi, alamat dan e-mail korespondensi.
  2. Abstrak harus ditulis dalam bahasa indonesia dan bahasa inggris. Abstrak laporan kasus berisi kasus yang dibuat dalam satu paragraf tanpa anakjudul yang teridir dari latar belakang, objektif, metode dan hasil tindakan, kesimpulan dan kata kunci (3-5 kata).
  3. Anak judul terdiri dari: pendahuluan (terdiri dari latar belakang, tinjauan literatur, formulasi masalah dan objektif ditulis dalam satu BAB tanpa anak judul), metode, pembahasan, kesimpulan, dan referensi.
  4. Laporan harus dinarasikan dan tidak ditulis perpoint; gambar-gambar harus dimunculkan pada penjelasan-penjelasan yang sesuai dan tidak dibuat menjadi lampiran..
  5. Penulis harus menyertakan salinan elektronik persetujuan tertulis dan ditandatangani (informed consent) untuk mempublikasikan informasi dari pasien dan persetujuan etik dari lembaga etik institusi sebelum diserahkan. Naskah yang diserahkan harus menyertakan pernyataan ini dalam

 

Teknik penulisan

  1. Judul tidak melebihi dari 12 kata, mendeskripsikan seluruh isi dari tulisan, jenis tulisan berbentuk times new roman dengan ukuran font 16 huruf besar dan cetak tebal.
  2. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (times new roman) dengan jumlah maksimal 100-200 kata dengan menyertakan 3-5 kata kunci, diketik dengan bentuk tulisan times new roman 12pt.
  3. Naskah diketik dengan bentuk tulisan times new roman 12pt, 1.5 spasi dengan ukuran kertas A4 (210 x 297 mm)
  4. Naskah harus menyertakan refrensi dengan jumlah halaman 6-9 halaman.
  5. Gambar harus dalam bentuk JPEG, tabel harus ikut didalam teks dan bukan dalam bentuk lampiran
  6. Gambar dan tabel harus dinomori dengan angka arab, dan judul tabel dan informasi singkat tabel ditulis dengan ukuruan tulisan times new roman 10pt spasi satu.

Referensi

Komposisi refrensi terdiri dari 80% dari refrensi primer (jurnal, proceedings) dan maksimum 20% dari refrensi sekunder (buku) yang diterbitkan 10 tahun terakhir. Refrensi ditulis dengan sistem format Vancouver. Masing-masing refrensi yang disitasi ditulis dengan menggunakan angka yang ditempatkan diakhir kalimat. Disyaratkan untuk secara konsisten menggunakan Vancouver system dalam penulisan refrensi. Refrensi disusun berdasarkan urutan tampilan dalam teks. Disyaratkan untuk menggunakan aplikasi software untuk mengatur refrensi dan bibliography. Aplikasi geratis (misalnya: Mendeley, Zotero, Refworks) atau aplikasi berbayar (misalnya: Endnote, Reference Manager).