FAKTOR PERILAKU PEMILIHAN METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG (MKJP) PADA WANITA USIA SUBUR DI WILAYAH KERJA

Main Article Content

Rizky Amalia Yuswa
Siti Riptifah Tri Handari
Mustakim

Abstract

Dalam RPJMN tahun 2010-2014 program KB Nasional di Indonesia lebih diarahkan pada pemakaian metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP). Hanya saja angka Unmet Need KB masih saja tinggi dan angka putus KB juga terus mengalami penurunan12. Sebanyak 23,4 % pengguna MKJP berasal dari Jawa Barat, dan sebanyak 16,91% diantaranya merupakan pengguna MKJP yang berasal dari Depok9. Data terbaru di Puskesmas Kecamatan Tapos, terdapat sebanyak 1467 jiwa peserta MKJP aktif8. Studi ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi perilaku pada Wanita usia subur dalam memilih metode kontrasepsi jangka Panjang di wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Tapos Kota Depok. Studi ini menggunakan disain studi potong lintang, populasi dalam studi ini yaitu seluruh WUS akseptor KB di wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Kota Depok, dengan sampel 155 Ibu akseptor KB. Sampel dipilih dengan menggunakan metodi acak sederhana. Hasil studi menyatakan ada signifikansi hubungan antara dukungan suami (p value = 0,001, OR = 4,413), dan sikap (p value = 0,006, OR = 3,414) dengan pemilihan metode kontrasepsi pada WUS. Sedangkan variabel yang yang tidak memiliki signifikansi hubungan yaitu kepercayaan, pengetahuan, ketersediaan pelayanan KB, keterpaparan informasi, pelayanan yang diberikan petugas KB, dan dukungan teman. Dukungan suami dan sikap akseptor KB merupakan faktor yang berhubungan bagi WUS di wilayah penelitian dalam menentukan pemilihan metode kontrasepsi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yuswa, R. A., Tri Handari, S. R., & Mustakim. (2023). FAKTOR PERILAKU PEMILIHAN METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG (MKJP) PADA WANITA USIA SUBUR DI WILAYAH KERJA. JURNAL MUTIARA KESEHATAN MASYARAKAT, 8(1), 30–36. https://doi.org/10.51544/jmkm.v8i1.3836
Section
Artikel

References

Alfiah, Ismi Dzalva. 2015. Faktor Faktor Yang Berhubungan Dengan Penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang Di Wilayah Kerja Puskesmas Kecamatan Kalideres Tahun 2015. Jakarta : FKIK UIN.

BKKBN. 2012. Profil Kesehatan Kabupaten Semarang. Semarang : BKKBN.

Laporan umpan balik pelayanan kontrasepsi. Jakarta : Direktorat pelaporan dan statistik.

Kebijakan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Dalam Mendukung Keluarga Sehat. Jakarta: Rakernas 2016.

Green, Laurence, and Kreuter M.W., 2005. Health Program Planning: An Educational and Ecological Approach. New York: Mc Graw Hill, Fourth Edition.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI). 2014. Situasi Dan Analisis Keluarga Berencana. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI.

Pendit, B. U. Alih bahasa Wulansari, Hartanto. 2006. Ragam Metode Kontrasepsi. Jakarta : EGC

Profil Puskesmas. 2015. Profil Kesehatan UPT Puskesmas Kecamatan Tapos Depok : Dinas Kesehatan

Profil Kesehatan Kota Depok tahun 2009. Depok : Dinas Kesehatan Kota Depok.

Putri, Diana Apriani. 2014. Faktor-faktor yang mempengaruhi alat kontrasepsi IUD di Puskesmas Jetis Kota Yogyakarta Tahun 2014.

Yogyakarta; Naskah Publikasi diakses pada tanggal 16-11-2016 melalui http://opac.unisayogya.ac.id/945/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). 2013. Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Depkes. Diakses pada tanggal 11-10-2016 melalui http://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan- indonesia/profil-kesehatan-indonesia-2013.pdf

Survey Dasar Kesehatan Indonesia (SDKI). 2012. Pelayanan KB dan Pelayanan Kontrasepsi. Jogjakarta : Trans Info Media.

Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK). 2016. Penyusunan Data Dan Pelaporan Kependudukan Tahun 2016. Depok : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Adhyani, Annisa Rahma. 2011. Faktor-faktor yang berhubungan dengan pemilihan kontrasepsi non IUD pada akseptor KB wanita usia 20-39 tahun. Semarang Timur. Skripsi; Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Azwar, Syaifuddin. 2009. Sikap Manusia; Teori dan Pengukurannya.

Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Fatimah, Dewi. 2013. Faktor Faktor Yang Berhubungan Dengan Penggunaan Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) Di Wilayah Kerja Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur. Jakarta: FKIK UIN.

Imamah, 2009, Perempuan dan Kesehatan Reproduksi, Jurnal Kesetaraan dan Keadilan Gender, Vol.4(2)

Notoadmodjo. 2003. Pengantar Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rieneka Cipta.

Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurcahyanti, Idam. 2014. Hubungan dukungan suami dalam pemilihan metode kontrasepsi jangka panjang pada ibu akseptor KB berusia lebih dari 35 tahun di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang