PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, SANKSI PERPAJAKAN, DAN BIAYA KEPATUHAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM DALAM MEMBAYAR PAJAK DI KOTA MEDAN

Main Article Content

Owen De Pinto Simanjuntak
Heri Enjang Syahputra
Idahwati
Feberman Gaho

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena masih rendahnya tingkat kepatuhan pajak pelaku UMKM untuk memenuhi kewajiban perpajakannya di Kota Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan Dan Biaya Kepatuhan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Umkm di Kota Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak UMKM yang terdaftar di Kantor UMKM Kota Medan Sampel dalam penelitian ini adalah 95 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan nyebar kuesioner secara langsung kepada responden penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan program perangkat lunak SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 25. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: secara parsial kualitas pelayanan petugas pajak, sanksi perpajakan dan biaya kepatuhan pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak umkm. Secara simultan kualitas pelayanan petugas pajak, sanksi perpajakan dan biaya kepatuhan pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Agustina, E. (2020). Hukum Pajak Dan Penerapannya Untuk Kesejahteraan Sosial. Solusi, 18(3), 407–418.

Aisyah, N. (2015). PENGARUH PPh PASAL 21 MASA TERHADAP JUMLAH PAJAK YANG DISETOR PADA PT. DETECON ASIA-PACIFIC LTD. Moneter, II(1), 1–8.

Dahrani, D., Sari, M., Saragih, F., & Jufrizen. (2021). Model Kepatuhan Wajib Pajak (Studi pada Wajib Pajak yang Melakukan Usaha di Kota Medan). Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 21(2), 379–389.

Dian, E. (2017). Pengaruh Kualitas pelayanan Pajak, Pemahaman Peraturan Perpajakan Serta Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Terdaftar Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Batam. Jurnal Akrab Juara, 2(3), 49–62.

Hanum, Z. (2009). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Usaha Kecil Menengah Dalam Pelaporan Kewajiban Perpajakan Di Kota Medan. Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 10(1), 1–6.

Listiyowati, L., Indarti, I., Setiawan, F. A., Wijayanti, F., & Setiawan, F. A. (2021). Kepatuhan Wajib Pajak UMKM di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Akuntansi Indonesia, 10(1), 41.

Lubis, H. Z., & Hidayat, M. A. (2019). Pengaruh Modernisasi Administrasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Pelaporan SPT (Studi Empiris Pada KPP PRATAMA Medan Petisah). Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 65–73. https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.18

Octovido, I., Sudjana, N., & Azizah, D. F. (2014). Analisis Efektivitas dan Kontribusi Pajak Daerah sebagai Sumber Pendapatan Asli Daerah Kota Batu(Studi Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Batu Tahun 2009-2013). Jurnal Administrasi Bisnis, 15(1), 1–7.

Pratama, R. A., & Mulyani, E. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Pajak, Sanksi Perpajakan, Dan Biaya Kepatuhan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Di Kota Padang. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(3), 1293–1306.

Rioni, Y. S., & Syauqi, T. R. (2020). Analisis Peningkatan Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Pembuatan NPWP UKM di Kebun Lada Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat. Jurnal Perpajakan, 1(2), 28–37.

Siti kurnia rahayu. (2010). perpajakan indonesia konsep dan aspek (formal). graha ilmu.

Siti Kurnia Rahayu. (2017). perpajakan Konsep dan Aspek Formal (Rekayasa S).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi(Mixed. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Alfabeta,).

Syahputra, H. E., Simanjuntak, O. D. P., Purba, R., & Zega, S. (2022). Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Cloud Computing Terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kota Medan. Jurnal Mutiara Akuntansi, 7(1), 58–69.

Waluyo, T. (2020). Pemeriksaan Terhadap Wajib Pajak Yang Tidak Menyampaikan SPT, Ketentuan dan Pemilihannya sesuai SE-15/PJ/2018. In Simposium Nasional Keuangan Negara 2020 (p. 677).

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>