Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Berbasis Fintech Sebagai Preferensi UMKM (Studi Fenomenologi pada UMKM Pengguna Layanan E-Wallet OVO di Kabupaten Karawang)

Main Article Content

Trias Arimurti
Dhea Imroatul Fatihah
Aulia Nur Endayani

Abstract

Semakin berkembangnya tingkat kecanggihan teknologi yang memberikan dampak adanya perubahan pola hidup masyarakat dalam melakukan transaksi salah satunya sistem pembayaran yang hampir digunakan sehari-hari yang perlahan akan menggeser uang kartal menjadi bentuk digital yang dirasa lebih mudah, aman, efektif dan efisien. Financial technology (fintech) adalah layanan keuangan berbasis teknologi di Indonesia, dikenal dengan istilah 'dompet elektronik' yang salah satunya adalah OVO. Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuktikan penerapan dari pelaku bisnis yakni UMKM yang ada di Kabupaten Karawang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui studi fenomenologi mengenai penggunaan OVO sebagai bagian dari penjualan para UMKM. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tidak adanya resistensi besar dari pelaku UMKM terhadap penggunaan fintech e-wallet OVO. Namun tak dapat dipungkiri dengan layanan dompet elektronik ini memberikan dampak bagi pengelolaan keuangan mereka menjadi lebih terorganisir. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

de Sena Abrahão, R., Moriguchi, S. N., & Andrade, D. F. (2016). Intention of adoption of mobile payment: An analysis in the light of the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). RAI Revista de Administração e Inovação, 13(3), 221–230.

Junadi, S. (2015). A model of factors influencing consumer’s intention to use e-payment system in Indonesia. Procedia Computer Science, 59, 214–220.

Husein, Umar. 2011. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Leong, C., Tan, B., Xiao, X., Tan, F. T. C., & Sun, Y. (2017). Nurturing a FinTech ecosystem: The case of a youth microloan startup in China. International Journal of Information Management, 37(2), 92–97.

Kamayanti, A., & Mulawarman, A. D. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif Akuntansi: Pengantar Religiousitas Keilmuan (Edisi Revisi). Jakarta. Penerbit Yayasan Rumah Peneleh.

Krismiaji, (2015), Sistem Informasi Akuntansi, ed. Keempat, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, Yogyakarta.

Mardi, (2014), Sistem Informasi Akuntansi, Cetakan Kedua, Ghalia Indonesia, Bogor.

Mulyadi, (2016), Sistem Akuntansi, ed. Keempat, Salemba Empat, Jakarta.

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. (https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/161837/pp-no-7-tahun-2021 ).

Purwanto, N. P. (2020). Bantuan Fiskal Untuk UMKM pada Masa Pandemi COVID-19. Bidang Ekonomi dan Kebijakan Publik Info Singkat. Vol.XII, No.17/I/Puslit/September/2020.

Safri, (2016). Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dan Penerimaan Kas Sebagai Pengendalian Intern pada PT. Greenspan Packaging System. JSI-Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma. Vol.3, No.1.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Triyono, Aris. (2021). Metode Penelitian. Group Penerbitan CV.Budi Utama.

Usman, R. (2017). Karakteristik Uang Elektronik Dalam Sistem Pembayaran. YURIDIKA-Lembaga Inovasi, Pengembangan Jurnal Penerbitan dan Hak Kekayaan Intelektual. Vol.32, No.1, Januari.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Pasal 1.

Weygandt, Jerry dkk., (2011), Financial Accounting, IFRS Edition, John Willey & Sons, Inc., United States of America.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/31/bank-indonesia-transaksi-uang-elektronik-ri-tembus-rp-35-triliun-per-desember-2021-diakses pada 11 April 2022 jam 22.15.

https://katadata.co.id/timpublikasikatadata/digital/5e9a4e55a3444/perjalanan-dompet-digital-ovo-menyabet-status-unicorn-diakses pada 21 Oktober 2022 pada jam 20.25.