PELATIHAN LITERASI INFORMASI PADA SISWA LEMBAGA PELATIHAN KERJA YAYASAN SAURI MITRA MEDAN

Main Article Content

Selamat Riadi
M. Rasyid Ridlo
Novi Kharisma Dharma Kasih Giawa
Erniwati Dakhi

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan internet, mengakibatkan sumber daya informasi digital sangat melimpah. Kondisi siswa-siswi di Indonesia saat ini yang notabenenya merupakan generasi “digital native” memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap pencarian informasi di internet. Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan bekal ketrampilan bagi siswa LPK Yayasan Sauri Mitra Medan agar   dapat mengajarkan kepada siswa untuk dapat mengenali jenis informasi apa saja yang diperlukan, sumber-sumber informasi elektronik, strategi penelusuran sumber-sumber informasi digital, serta evaluasi informasi . Pelatihan literasi informasi diikuti 25 orang siswa. Hasil kegiatan ini yaitu dimana sebelumnya pelatihan para peserta belum memahamai dengan baik tentang literasi informasi baik secara teori maupun praktik. Setelah mengikuti pelatihan para peserta telah memahamai dengan baik tentang literasi informasi baik secara teori maupun praktik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Mulyono, Dinno dan Ansori. (2020). Literasi Informasi Dalam Kerangka Pengembangan Pendidikan Masyarakat. Jurnal Comm-Edu. 3(1), 1-6

Pendit, Putu Laxman. 2008. Perpustakaan Digital Dari A Sampai Z. Jakarta: Cita Karyakarsa Mandiri

Rahmawati, Nurul Alifah,Faudah, Luluk dan Suryanta,Bugel. (2019). Peningkatan Literasi Informasi dan Minat Baca Melalui Pelatihan Penelusuran E-Journal dan E-Book di Perpustakaan UPN Veteran Yogyakarta. Jurnal Perpustakaan. 10(2), 93-98

Setiawan, Wawan. (2017). Era Digital Dan Tantangannya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Sukabumi: Universitas Muhammadiyah Sukabumi