Pelatihan Meningkatkan Mental dan Keberanian Anak Panti Asuhan Kasih Agung Sukacita Melalui Olahraga Renang

Main Article Content

Nanda Ayu Setiawati
Barita Esman Dabuke
Robinson Hutagoal

Abstract

Pengabdian Kepada masyarakat ini dilakukan berdasrkan diskusi dengan mitra terkait dengan kendala yang dialami oleh anak panti asuhan dalam melakukan aktivitas kegiatan sehari hari, salah satunya kendalnya dalam meningkatkan mental dan keberanian anak di Panti Asuhan Kasih Agung Sukacita dengan melalui olahraga renang, secara tidak langsung anak merasa berani dan kuat mentalnya. Renang melibatkan berbagai tantangan, seperti teknik pernapasan, koordinasi tubuh, dan stamina. Mengatasi tantangan ini membantu memperkuat mental. Selain itu, Kesalahan dalam teknik atau strategi memberikan peluang untuk belajar dan berkembang, yang memperkuat mental dan meningkatkan keberanian.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Anam Mohammad Syamsul,dkk. 2016. Pengembangkan Variasi Latihan Teknik Dasar Renang Gaya Bebas Dan Gaya Dada Melalui Video Compact Disk Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Renang Di SMP Negeri 8 Malang. Malang: Universitas Negeri Malang

Ermawan Susanto.2012. Model Pembelajaran Akuatik Siswa Prasekolah, Journal Of Physical Education and Sports, di akses dari http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes, h. 38.

Isna Pratiwi. 2015. Sekolah Renang di Kota Semarang Dengan Penekanan Design Sustainable Architecture”, Semarang: Universitas Semarang, Canopy, Vol. 4 (2)

Nuha Nur Azizah. 2017. Hubungan Kecepatan, Kelenturandan Daya Tahan VO2MAX Terhadap Prestasi Renang Gaya Bebas 50 Meter Pada Siswa Ektrakulikuler Renang SMK Negeri 2 Bandar Lampung, Bandar Lampung, Universitas Lampung: 2017), h. 14

Rahayu, Puji dkk. (2021). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Penerapan Model Pembelajaran Talkingstick Berbantuan Media Wordwall pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Journal On Teacher Education, (4)1, 47-51.