Pelatihan Pembuatan Kartu Kata Menggunakan Desain Canva Pada Guru Kelas Rendah Di Sekolah Dasar

Main Article Content

Putri Roka Ismail
Syartika Sri Wahyuni
Jheni Yusuf Saragih

Abstract

Rendahnya pengtahuan guru dalam memanfaatkan teknologi sebagai alat bantu dalam menciptakan media pembelajaran merupakan salah satu kendala yang dihadapi oleh guru-guru di SD Amalia Sunggal untuk menciptakan media pembelajaran yang menarik, interaktif dan kreatif. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pelatihan pembuatan kartu kata yang menarik, interaktif dan kreatif menggunakan aplikasi canva kepada guru-guru di SD Amalia Sunggal. Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan menggunakan metode diskusi interaktif, pelatihan dan juga praktek langsung membuat kartu kata dengan menggunakan apl ikasi canva. pelatihan ini diikuti oleh seluruh guru SD Amalia Sunggal. Media yang dibuat dari aplikasi canva dapat membangkitkan perhatian dan semangat anak. Dari pelatihan ini dapat disimpulkan bahwa dengan Aplikasi canva dapat meningkatkan kualitas materi pembelajaran yang disampaikan oleh para guru, Aplikasi canva meningkatkan daya tarik pembelajaran, Aplikasi canva dapat mendorong kreatifitas guru dengan lebih baik, Meningkatkan penggunaan teknologi bagi guru dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Kadek. Kristiantari. 2022. Media Kartu Kata dan Kartu Gambar pada Materi Kosakata Bahasa Indonesia. Jurnal Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru. Vol 5 (1). 173-184.

Lovandri. Salihah. Dkk. 2023. Pemanfaatan Canva Untuk Pembelajaran Inovatif dan Kreatif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol. 7 (4). 2530-2536.

Maulia, S. 2023. Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional: IKIP PGRI Bojonegoro.

Supriyadi. 2019. Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Nasional Pendidikan FKIP. Vol. 2 (1). 470-471.

Triningsih, diah erna 2021. Penerapan Aplikasi Canva untuk meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks Tanggapan Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Cindekia. Vol. 15 (1). 128-144.

Olivia. Nii. Dkk 2019. Perancangan dan Implementasi Aplikasi Permainan Edukatif Bagi Siswa Paud. Jurnal Cakrawala Dini. Vol. 10. (2). 151-155.