Penyuluhan Kesehatan dan Pemanfaatan Tanaman Obat di Kampung Nelayan

Main Article Content

Alfi Sapitri
Vivi Asfianti
Dian Arisetya

Abstract

Pengobatan tradisional adalah pengobatan dan atau perawatan dengan cara dan obat yang mengacu pada pengalaman dan keterampilan secara empiris yang dapat dipertanggungjawabkan dan diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat. Tanaman Obat Keluarga/TOGA adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Budidaya tanaman obat untuk keluarga (TOGA) dapat memacu usaha kecil dan menengah dibidang obat-obatan herbal sekalipun dilakukan secara individual. Kampung Nelayan merupakan salah satu perkampungan yang terletak di Kelurahan Belawan-1, Kecamatan Medan-Belawan, Provinsi Sumatera Utara. Satu-satunya sarana transportasi yang digunakan untuk dapat menjangkau Kampung Nelayan adalah dengan menggunakan perahu. Kasus kesehatan yang sering terjadi di Kampung Nelayan meliputi  penyakit kulit, gangguan pada ma­ta, pen­cer­na­an, ­cacingan, masalah gizi, hipertensi, rematik, diabetes dan asma. Hal ini diperparah karena lokasi kampung nelayan yang jauh dari puskesmas, klinik dan apotek sehingga masyarakat sulit mendapat­kan akses layanan kesehatan dasar.  Kondisi kesehatan penduduk di Kampung Nelayan diperparah akibat lingkungan yang kotor, sanitasi yang tidak baik, Kehidupan sosial ekonomi nelayan sangat ditunjang dengan kondisi iklim yang ada, sehingga masyarakan membutuhkan pengobatan alternatif berupa tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai obat, namun kondisi pekarangan tidak mendukung.  Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan ataupun sosialisasi terhadap seluruh masyarakat kampung nelayan-1 tentang alternatif pendukung kesehatan berupa pembuatan pondok sehat terapung yaitu tempat pelayanan kesehatan dan pusat informasi obat tradisional serta penyuluhan penanaman obat tradisional dengan menggunakan hidroponik garden. Metode yang digunakan pada program ini adalah penyuluhan dan pelatihan. Tahapan yang dilalui pada kegiatan ini adalah persiapan, penyuluhan tentang tanaman obat dan hidroponik, pelaksanaan pelatihan tanaman obat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Helmi, Dan Satria. (2012). Strategi Adaptasi Nelayan Terhadap Perubahan Ekoligis. Jurnal: IPB. Vol 16, No. 1, Juli 2012:68-78.

Hidayat, Febrian Andi, Indri Anugrah Ramadhani, Ihsan. (2020). Pendampingan Program Hydroponic Garden Sebagai Solusi Pemenuhan Kebutuhan Sayuran Bagi Masyarakat Pesisit Pantai Kampung Fafanlap Distrik Misool Selatan Kabupaten Raja Ampat. ISSN: 2621-810/0. Sorong.

Inneke, Trina E. Tallei, F.M. Rumengan Ahmad A. Adam. (2017). Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Universitas Sam Ratulangi.

Priyambodo. (2020). Obat Herbal Indonesia Sepadan Dengan Obat Luar Negeri untuk Tangani Covid-19. Diakses 4 Mei 2020. Diambil dari https://farmasi.ugm.ac.id/id/.

Puspitasari. (2020). Mengenal herbal pendongkrak imun tubuh. diakses 30 maret 2020. Diambil dari https://ugm.ac.id/id/berita/19197.

Rosramadhana, dkk. (2020). Menulis Etnografi Belajar Menulis Tentang Kehidupan Sosial Budaya Berbagai Etnis. Penerbit Yayasan Kita Menulis.

Rothan HA, Byrareddy SN. 2020. The epidemiology and pathogenesis of coronavirus disease (COVID-19) outbreak. J Autoimmun.2020. Published online March 3.

Suhirman dan Winarti, 2010. Prospek dan fungsi tanaman obat sebagai imunomodulator. Balai penelitian tanaman obat dan aromatic balai besar penelitian dan pengembangan pasca panen pertanian.

Suparmi, & Wulandari, A. 2012. Herbal Nusantara 1001 Ramuan Tradisional Asli Indonesia. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjandrawinata RR, Susanto LW, Nofiarny D. 2017.The use of Phyllanthus niruri L. as an immunomodulator for the treatment of infectious diseases in clinical settings. Asian Pac J Trop Dis. (3):132-40.

Ulfa, M. 2018. Persepsi Masyarakat Nelayan Dalam Menghadapi Perubahan Iklim (Ditinjau Dalam Aspek Sosial Ekonomi). Jurnal Pendidikan Geografi. Tahun 23, Nomor 1.

Wahyuni, dkk. 2014. Pengaruh Cara Pengeringan Dengan Oven, Kering Angin dan Cahaya Matahari Langsung Terhadap Mutu Simplisia Herba. Jurnal Farmasi Higea, Vol. 6, No. 2. Padang.