Pelatihan Manajemen Usaha dan Pembuatan Merek Pada Siswa Jurusan Tata Boga SMK Pariwisata Imelda Medan

Main Article Content

Ernita Siagian
Marupa Siregar
Saut Purba

Abstract

Pengelolaan manajemen usaha dibutuhkan dalam konteks internal perusahaan, agar perusahaan benar-benar memiliki arah dalam menjalankan usaha, terukur, dan terencana dengan baik. Pada tingkatan yang paling tinggi merek berfungsi menciptakan suatu image atau kesan atau gengsi. Artinya bagi kalangan tertentu gengsi seseorang terletak pada barang atau jasa merek apa yang digunakan. Merek bahkan bisa membuat pemakainya menjadi percaya diri atau lebih dari itu, dapat menentukan kelas sosialnya. Hasil dari kegiatan ini adalah disaat pra pelatihan 94% menyatakan belum mengetahui dan memahami dengan baik tentang manajemen usaha dan pembuatan merek. Sedangkan 6% lagi menyatakan mengetahui dan memahami dengan baik tentang manajemen usaha dan pembuatan merek. Sedangkan pasca pelatihan menunjukkan 100% peserta  mengetahui dan memahami dengan baik manajemen usaha dan pembuatan merek.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Anugraheni, Lilis Mardiana. (2014). Pentingnya Pendaftaran Merek Suatu Produk. Admisi dan Bisnis. 15(3), 209-214

Candraningtyas, Ajeng Zaviyah. (2021). Pendaftaran Merek Sebagai Upaya Perlindungan hukum Terhadap Persaingan Usaha Tidak Sehat. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Setiawati, Rosti. (2020). Bimbingan Teknis Aspek Umum Manajemen Usaha Kecil Untuk Pengembangan Usaha Produk UMKM Kota Tasikmalaya. E-Coops-Day. 1(1), 73-78

Suhandi dan Jefri, Ulfi. (2020). Pelatihan Manajemen Usaha Untuk Meningkatkan Daya Saing Kepada Para Pelaku Usaha Industri Kecil Dan Menengah (UIKM) Keripik Talas Beneng Di Kampung Cinyurup Kecamatan Karangtanjung Kabupaten Pandeglang. Indonesian Community Service and Empowerment Journal (IComSE). 1(2), 77-83