Pemaparan tentang Artificial Intelegence (AI), Virtual Reality (VR), dan Softskill dalam Aplikasinya Pada Bidang Pendidikan Di Siswa Kelas XII SMA di Lembaga OSCI Medan

Main Article Content

Eka Margaret Sinaga
Maniur A Siahaan
Junita Siahaan

Abstract

Era digital telah mengubah cara kita belajar dan mengajar, serta memperkenalkan tantangan baru bagi guru. Di tengah perubahan yang terjadi, penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI) telah menjadi topik yang semakin menarik perhatian dalam konteks Pendidikan. Dalam era digital, para guru dihadapkan pada berbagai tantangan yang mempengaruhiperan dan tugas mereka. Salah satu tantangan utama adalah mengelola informasi yang berlimpah. Dengan adanya akses mudah ke sumber daya digital dan konten pembelajaranonline, guru harus dapat menyaring, mengevaluasi, dan menggunakan informasi secara efektif untuk mendukung proses pembelajaran siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 14-15 Juni 2024 yang dilaksanakan di Lembaga OSCI Medan Pada siswa-siswa SMA yang berjumlah 25 siswa. Pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam menghadapi tantangan mengajar guru di era digital memiliki potensi besar untuk meningkatkan efektivitas pengajaran dan pembelajaran. AI dapat membantu guru dalam mengelola data siswa dengan lebih efisien, menyediakan personalisasi pembelajaran, memberikan umpan balik yang efektif, dan meningkatkan efektivitas pengajaran secara keseluruhan. Kemampuan analisis data yang canggih, AI membantu guru mengidentifikasi pola pembelajaran, mengenali kebutuhan individu siswa, dan menyesuaikan metode pengajaran secara efisien. AI juga membantu guru dalam mengembangkan strategi pengajaran yang lebih baik. Namun, penting untuk diingat bahwa peran guru tetap penting dalam membimbing siswa dan teknologi AI seharusnya digunakan sebagai alat bantu yang kuat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Abimanto, D., & Mahendro, I. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknologi Ai Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora DanIlmu Pendidikan, 2(2), 256- 266.

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru Mi, 3(1).

Fernandito, D., Sambul, A. M., & Sugiarso, B. A. (2019). Aplikasi Virtual Reality Untuk Edukasi Musik. Jurnal Teknik Informatika, 14(3), 313–320.

Gardner, Howard. 1993. Multiple Intelligences. New York: Basic Books Harper Collins Publ. Inc.

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 17–26.

Kamila, J. T., Nurnazhiifa, K., Sati, L., & Setiawati, R. (2022). Pengembangan Guru Dalam Menghadapi Tantangan Kebijakan Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10013-10018.

Kertajaya, Hermawan. 2010. Grow with Character: The Model Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama Lickona, T. 1992. Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York: Simon & Schuster, Inc.

Mahmudah, L. (2017). Pentingnya Pendekatan Keterampilan Proses Pada Pembelajaran IPA Di Madrasah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1).

Megawanti, P. (2015). Meretas Permasalahan Pendidikan Di Indonesia. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3).

Nisrina, N., Gunawan, G., & Harjono, A. (2017). Pembelajaran kooperatif dengan media virtual untuk peningkatan penguasaan konsep fluida statis siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 66–72.

Noviana, Y. (2017). Sikap Ilmiah Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran IPA SK Mengidentifikasi Cara Makhluk Hidup Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungan di MI Ma’arif NU 01 Pasir Kulon Karanglewas Banyumas. IAIN