Sosialisasi Suplemen Makanan Kepada Lansia Di Klinik Pratama Rawat Jalan Medan

Main Article Content

Artha Yuliana Sianipar
Eva Diansari Marbun
Syukur Berkat Waruwu
Alfi Sapitri
Realita Lifiani

Abstract

Manusia pasti akan mengalami proses penuaan seiring berjalannya waktu. Menurunnya fungsi organ-organ tubuh pada masa tua pasti akan dialami oleh setiap orang yang sudah berumur lebih dari 45 tahun. Oleh karena itu,  selain asupan makanan dan gizi yang cukup, para lansia diharapkan juga untuk menkonsumsi suplemen makanan yang akan mendukung kesehatannya. Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker melakukan kegiatan pengabdian masyarakat khususnya kepada para lansia di Klinik Pratama Rawat Jalan yang berada di Jalan Bakti Luhur, Kelurahan Dwikora Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan.  Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan ataupun sosialisasi terhadap para lansia terhadap pentingnya asupan suplemen makanan yang mengandung vitamin dan mineral serta melibatkan mahasiswa dan dosen Program Studi Pendidikan Apoteker. Metode sosialisasi yang digunakan  adalah ceramah, diskusi dan pemberian suplemen makanan kepada para lansia. Materi disampaikan melalui presentasi power point, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi atau tanya jawab. Setelah itu, dilakukan pemberian suplemen makanan. Hasil dari kegiatan ini adalah para lansia yang berada di sekitar jalan Bakti luhur Medan Helvetia dapat menerima pengetahuan tentang manfaat suplemen bagi para lansia.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Age UK. 2021. Vitamins for older people. https://www.ageuk.org.uk/information-advice/health-wellbeing/healthy-eating/vitamins-for-older-people/.

Azizah, L. M. 2011. Keperawatan Lanjut Usia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Fitria, I., Maritalia, D., Tambunan, H., Rahmadani, N., Turrahmi, A., Herdianti, P., & Fuada, S. (2023). Sosialisasi dan Edukasi Pengelolaan Nutrisi dan Gizi Untuk Meningkatkan Kesehatan Lansia. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 184-189.

Kementerian Kesehatan RI. Indonesia Masuki Periode Aging Population. [Internet]. Kemenkes RI; 2019. Available from: https://www.kemkes.go.id/article/view/19070500004/indonesia-masuki-periode-aging-population.html

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Riset Kesehatan Dasar tahun 2018. Jakarta: Kemenkes RI, 2018.

Sitompul, F., Lumbantobing, R., Wei, T. I., & Simanjuntak, T. P. (2022). Penyuluhan Vitamin Dan Supplemen Yang Dibutuhkan Tubuh Lansia Di Kelurahan Tidung, Pulau Seribu 17-19 Juni 2022. Jurnal Comunitã Servizio, 4(2), 896-904.

Sudargo, T., Aristasari, T., Prameswari, A. A., Ratri, F. A., & Putri, S. R. (2021). Asuhan Gizi Pada Lanjut Usia. Ugm Press.