Penyuluhan Dan Pelatihan Pembuatan Filter Air Bersih Di Kelurahan Tanjung Selamat

Main Article Content

Mido Ester J. Sitorus
Johansen Hutajulu
Mindo Tua Siagian
Winda Ningsih Sitompul
Sadestina Br. Sembiring

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada masyarakat di Kelurahan Tanjung Selamat terkait pembuatan filter air bersih. Metode yang digunakan meliputi penyampaian informasi, demonstrasi, serta praktik langsung dalam pembuatan filter air sederhana. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap air bersih dan juga meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan melalui konsumsi air bersih. Waktu Pelaksanaan dilakukan pada bulan Maret-Agustus 2024, Tempat pelaksanaan pengabdian Masyarakat di Kelurahan Tanjung Selamat di Desa Sei Glugur. Dengan Metode Pelatihan, pendampingan, akses sumber daya, pengembangan jaringan, kolaborasi dan Kerjasama, pemantauan dan evaluasi. Hasil dari pengmas ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam pemberdayaan masyarakat serta memperbaiki kondisi kesehatan masyarakat sekitar. Dengan demikian, diharapkan upaya-upaya seperti ini dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam upaya pemberdayaan masyarakat secara mandiri dalam hal akses terhadap air bersih. Penyuluhan dan Pelatihan Pembuatan Filter Air Bersih di Kelurahan Tanjung Selamat merupakan sebuah inisiatif pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya akses air bersih dan memberikan keterampilan praktis dalam pembuatan filter air sederhana kepada masyarakat. Melalui penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan langsung, program ini bertujuan untuk meningkatkan   pengetahuan   tentang   teknik   penyaringan   air   yang   efektif   serta memperkuat kemampuan masyarakat dalam memproses air untuk konsumsi sehari-hari. Dengan demikian, program ini diharapkan dapat memberikan manfaat konkret dalam upaya meningkatkan kondisi akses air bersih di Kelurahan Tanjung Selamat serta merangsang kesadaran akan perlunya kebersihan dan kesehatan melalui konsumsi air bersih.  Hasil  dari  program  ini  diharapkan  dapat  menjadi  landasan  bagi  perbaikan kondisi akses air bersih dan pemberdayaan masyarakat di wilayah tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Buku putih Sanitasi (BPS) Kabupaten Wajo Tahun 2014 Dahlan, H. 2013.

Prototipe Alat Penyaring Air Payau (Sungai Sugihan) Menjadi Sumber Air Bersih Menggunakan Tabung Filter Bagi Masyarakat Pangkalan Sakti Kecamatan Air Sugihan Kabupaten Ogan Komering Ilir SumSel, Penelitian Doktor, Universitas Sriwijaya, Sumatra Selatan. Depkes RI. (2010).

Profil Kesehatan Indonesia Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 18/ PRT//M/2007,

Penyelenggaraan Pengembangan Penyediaan Air Minum Jilid Pengelolaan.

Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Pengembangan Air Minum, Ditjen Cipta Karya, Jakarta. Selintung, M. 2011.

Pengenalan Sistem Penyediaan Air Minum, AS Publishing. Selintung, M. dan Syahrir, S.

Studi Pengolahan Air Melalui Media Filter Pasir Kuarsa (Studi Kasus Sungai Malimpung), Prosiding Hasil penelitian Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin, Makassar. Slamet, J.S. (1994).

Kesehatan Lingkungan. Bandung: UGM-Press.

A.Tresna Sastrawijaya, Pencemaran Lingkungan Hidup, Rineke Cipta, Jakarta,1991. Herlambang, Arie, dkk. 1996. Database Air Tanah Jakarta, Studi Opstimisasi Pengelolaan

Air Tanah : Jakarta, Dit P.S., Dep. Analisa Sistem, BPPT.

Jakarta Handarsari, Erma dkk. 2017. Deseminasi: Pembuatan Air Bersih Dengan Memanfaatkan Air Hujan Melalui Penyaring Pipa Bersusun Berbasis Adsorben Alami. Prosiding Seminar Nasional Publikasi Hasil-Hasil Penelitian dan Pnegabdian Masyarakat.

Universitas Muhamadiyah Semarang: Semarang Munir, M. 1996. Tanah-Tanah Utama

Indonesia. Pustaka Jaya. Jakarta.

Setyaningsih, H. 1995. Pengolahan Limbah Batik Dalam Proses Kimia Dan Adsorbsi Karbon Aktif. Tesis Program Pascasarjana. Universitas Inonesia, Jakarta. UNICEF Indonesia. AIR BERSIH, SANITASI DAN KEBERSIHAN. Ringkasan Kajian. Oktober 2012:1.