Penerapan Penggunaan Media Kartu Huruf Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SDN 067093 Cinta Damai

Main Article Content

Maria Friska Nainggolan
Nanda Ayu Setiawaty
Yetty Rosmawati Pangaribuan

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui penerapan penggunaan media kartu huruf bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN  067093 Cinta damai. Pengabdian Kepada Masyarakat yang digunakan dalam Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah Pre-Eksperimental Design. Waktu Pengabdian Kepada Masyarakat dilakukan pada bulan Juni 2022. Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu huruf bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN 067093 Cinta damai. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis yang diperoleh dengan pengujian menggunakan uji-t menunjukkan bahwa nilai ℎ= 10.864 > = 1.411 maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya penggunaan media kartu huruf bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN 067093 Cinta damai .

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Ambarini,Vinca. 2006. Kartu Pintar Huruf. Gramedia Jakarta : Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Pengabdian Kepada Masyarakat Suatu Pendekatan Praktik Ed Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Farida Rahim. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. PT. Bumi Aksara: Jakarta.

Padmi 2017. meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Dengan Menggunakan Permainan Kartu Huruf Bergambar Pada Pelajaran Indonesia di MIN Kota Jambi.

Sauartini Ida Ayu. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Alat Peraga Kartu Huruf Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sd

Wining Sekarni (2018) yang berjudul “Penggunaan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal KosaKata Bahasa Arab Peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Muhammadiyah 01 Sukarame

Avivtin Oktavi Indrayani (2016) yang berjudul “Peningkata Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Flash Card Siswa Kelas I SDN Surokarsan 2 Yogyakarta”

Rizky Herlinasari (2017) yang berjudul: ”Upaya Meningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Media Flash Card di Kelas I MI Miftahul Athfal Kecamatan Gunung sugih Kabupaten Lampung Tengah.