Implementasi Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Syllabic Method Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas I SD Swasta Air Langga Medan Kecamatan Medan Deli

Main Article Content

Jheni Yusuf Saragih
Taruli Marito Silalahi
Robinson Hutagaol

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah rendahnya kemampuan siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas I SDS Air Langga Medan Deli. Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa dengan mnggunakan syllabic method. Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah Pengabdian kepada Masyarakat Tindakan Kelas (PTK). Subjek Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah siswa kelas I SDS Air Langga Medan Deli yang berjumlah 24 siswa. Pengumpulan data ini dilakukan dengan pemberian tes dan observas. Tes yang diberikan berbentuk essay yang dilakukan sebanyak 3 kali yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Hal tersebut dibuktikan adanya peningkatan kemampuan siswa dilihat dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Hasil yang diperoleh dari pra siklus dengan nilai rata – rat adalah 65, post test I dengan nilai rata – rata adalah 72,91 dan post test II dengan nilai rata – rata 76,26. Tingkat ketuntasan pada pra siklus adalah 42%, ketuntasan pada post test I adalah 62%, ketuntasan pada post test II adalah 92%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto,Suharsimi. 2006. Pengabdian kepada Masyarakat Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Istanto,Budi. Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan dengan

Menggunakan Media Kartu kata pada Siswa Kelas I Pandeyan Jatinom Klaten (skripsi) ( Yogyakarta : Univesitas Negeri Yogyakarta, (2014 ).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, 2017. Tematik Terpadu Kurikulu 2013.

Jakarta

Mustikawati,Ratih.S.Pd. Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan

dengan Metode Suku Kata (syllabic Method) pada Siswa Kelas I SDBanjarsari (Jurnal) Surakarta, 2015.

Nurbiana, Dhieni, dkk. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta : Universitas

terbuka, 2009.

Norhadirijanto. Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Melalui Metode

Suku Kata Pada Siswa Kelas I MI Muhammadiyah Krendetan

Purworejo(Skripsi) (Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,2014).

Prof.Dr. Henry Guntur, Tarigan. Membaca Sebagai suatu Keterampilan

Berbahasa. Bandung: Angkasa, 2005.

Solhan T. W, dkk. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta : Universitas

Terbuka, 2007.

Sajidan, H. 2008. Media Pengembangan Pendidik. Surakarta : Dwijaya Utama

Shoimin Aris, 2014. Model Pembelajaran Inovatif. Penerbit Ar-ruzz Media