Sosialisasi Peran Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa SDN 066049 Medan Helvetia

Main Article Content

Yetty Rosmawati Pangaribuan
Winny Sunfriska Limbong
Nanda Ayu Setiawaty

Abstract

Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mensosialisasikan peran perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa SDN 066049 Medan Helvetia. Responden dalam PkM ini adalah siswa kelas V SDN 066049 Medan Helvetia yang berjumlah 19 orang siswa. Setelah dilakukan analisa pada siswa kelas V SDN 066049 Medan Helvetia Minat siswa dalam membaca buku disekolah ini masih rendah, hal ini karena dipengaruhi oleh berbagai faktor baik itu faktor pendukung ataupun faktor penghambat. Faktor pendukung minat membaca itu adalah perpustakaan Sekolah dan penjaga perpustakaan yang siap melayani keperluan siswa dalam hal peminjaman buku, dan juga koleksi buku bacaan yang tersedia yang cukup memadai.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Anggraeni, Fajar Yulia. 2017. “Peranan Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa SDN Ngluyu Kecamatan Ngluyu Kabupaten Nganjuk Tahun 2016 / 2017” SIMKI-Pedagogja : Artikel Skripsi : Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Arumsari & Ika. 2015. Peran Perpustakaan Keliling Dalam Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Desa Kepek Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul. Semarang : Universitas Diponegoro.

C. Teguh. 2012. Peran Perpustakaan Sekolah Dalam Mencetak Siswa Berprestasi. Malang : Universitas Negeri Malang.

Gusti, Hildiana. 2014. “Peranan Perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca Siswa kelas V sekolah dasar negeri 14 Laban Kecamatan IV jurai Kabupaten pesisir selatan” Jurnal Informasi Perpustakaan & Kearsipan.

Khairul, Anwar Rully, Dkk. 2014. Peranan Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Budaya Gemar Membaca”. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan.

Maryani, Novi, Dkk. “Peran Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa”. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan : Universitas Djuanda Bogor.

Nashruddin, Muhammad. 2015. “Peran Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas V Dan VI SD IT Alkautsar Hohajirin”.

Suyeno, Dkk.“Peran Perpustakaan Desa Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Respon Publik.

Warmiyati. 2012. Peningkatan Minat Baca Melalui Peran Perpustakaan Sekolah Dasar Di Desa Cisau, Tangerang. Dharmakarya : Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat