Sosialisasi Perhatian Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN 044834

Main Article Content

Yetty Rosmawati Pangaribuan
Taruli Marito Silalahi
Maria Friska Nainggolan

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mensosialisasikan edukasi perhatian orangtua terhadap prestasi belajar siswa kls V SDN 044834. Peserta PkM adalah siswa kelas V dengan berjumlah 21 siswa. Setelah dilaksanakan sosialisasi ini diperoleh hasil bahwa perhatian orangtua sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kls V SDN 044834. Hal tersebut dapat dilihat bahwa dari 21 responden yang menyatakan respon positif bahwa perhatian orang tua berpengaruh terhadap prestasi siswa sebanyak 62,5 % dijelaskan bahwa 17 responden orang tua dan 17 responden prilaku anak r memiliki data hasil yang positif. Dan terdapat 4 responden memiliki data negative dengan presentasi 37,55. Konstanta sebesar 59,619, mengandung arti bahwa nilai konsisten variabel Prestasi Belajar adalah sebesar 59,619. Koefisien regresi X sebesar 0,114 menyatakan   bahwa   setiap penambahan 1% nilai Perhatian Orang Tua, maka nilai Prestasi Belajar bertambah sebesar 0,114. Koefisien regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat dikatakan arah pengaruh variabel X terhadap Y adalah positif. Dari hasil ungkapan di atas dapat diuraikan berdasarkan teori dan Pengabdian kepada Masyarakat yang relavan sesuai dengan persepsi dalam golongan positif dan negative. Dikataiakn golongan yang positif ialah pengaruh yangb baik serta hasil yang baik ditunjukan dari hasil Pengabdian kepada Masyarakat yang sudah penulis lakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Abu Ahmadi. (2003). Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta

Abu, Ahmadi. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: Rieka Cipta

Ahmadi, Mukhsin. 1990. Strategi Belajar-Mengajar Keterampilan Berbahasa & Apresiasi Sastra. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh

B. Uno, Hamzah. 2016. Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Baharuddin. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Dakir. (1993). “Dasar-Dasar Psikologi”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Depdiknas .2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Dirgagunarsa, Singgih. (1996). Pengantar Psikologi. Jakarta: Mutiara Sumber Widya.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Hartono, Jogiyanto. (2011). Metodologi Pengabdian kepada Masyarakat Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-pengalaman. BPFE. Yogyakarta.

Jaya, Indra. 2019. Penerapan Statistik Untuk Pengabdian kepada Masyarakat Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Ngalim, purwanto. 1988. Psikologi pendidikan. Bandung: remaja karya

Rakhmat, Jalaludin, 2000. Metode Pengabdian kepada Masyarakat Komunikasi, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Ramayulis. 1994. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia

Rifa’I Achmad dan Catharina Tri Ani. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES PREES.

Romlah, Tatiek. 2010. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 1990. Teori-teori Belajar Untuk Pengajaran. Bandung: Fakultas Ekonomi UI

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidika Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2016). Metode Pengabdian kepada Masyarakat Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet

Sugiyono. 2011. Metode Pengabdian kepada Masyarakat Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Suryabrata, Sumadi. 1989. Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV. Rajawali Suryabrata,

Sumadi. 2004. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryabrata, Sumadi. 2015. Metodologi Pengabdian kepada Masyarakat Cetakan Ke 25. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Syah Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada Tulus, Tu’u. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Rineka Cipta.

Walgito Bimo, 1990. Psikologi Sosial. Yogyakarta