PEMANFAATAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS IV UPT SD NEGERI 060793 MEDAN

Main Article Content

Jheni Yusuf Saragih
Asaaro Laia
Yetty Rosmaini Pangaribuan

Abstract

Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan untuk memanfaatkan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar terhadap kemampuan membaca siswa kelas IV UPT SD Negeri 060793 Medan. Responden dalam Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah siswa kelas IV UPT SD Negeri 060793 Medan yang berjumlah 23 siswa. PkM ini dilaksanakan selama dua minggu pada siswa kelas IV UPT SD Negeri 060793 Medan dengan memanfaatkan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar terhadap kemampuan membaca. Setelah PkM dilaksanakan selama dua minggu dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran Buku Cerita Bergambar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca kelas IV UPT SD Negeri 060793 Medan. Pengaruh positif tersebut tidak hanya terjadi pada kemampuan membaca siswa namun juga pada motivasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Alwasilah. (2017). Materi ajar adalah bahan ajar peserta didik yang dapat dipertanggung jawabkan dari kebenaran ilmu dan tidak melanggar norma yang berlaku. . 35,.

Apriatin, F., Ermiana, I., & Setiawan, H. (2021). Pengaruh buku cerita bergambar bahasa indonesia siswa kelas iii sdn gugus 04 kecamatan pujut.

Azhar, m. (2016). Media buku cerita bergambar untuk bahan media belajar mengajar . 85.

Burhan, J. (2008). Kemampuan membaca merupakan perbuatan yang dilakukan berdasarkan kerjasama beberapa keterampilan, yakni mengamati, memahami dan memikirkan. Disamping itu, membaca adalah laku penguraian tulisan, suatu analisi bacaan. . 67.

Burns. (1996). Membaca sebagai suatu proses merupakan semua kegiatan dan teknik yang ditempuh oleh pembaca yang mengarah pada tujuan melalui tahap-tahap tertentu. 6.

Ely, G. (2017). Media merupakan manusia, materi atau beberapa kejadian yang membangun kondisi untuk dapat membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan atau sikap. 200.

Fita Apriatin, Ida Ermiana, and Heri Setiawan (2018) ‘Membaca Pemahaman Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III Sdn Gugus 04 Kecamatan Pujut The Effectiveness

Hamrin, Marni, dkk. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca permulaan melalui buku cerita bergambar di kelas II SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo. Jambura Elementary Education Journal. 168-176

Harjasujana, A. S. (1987). Bahwa membaca merupakan kegiatan merespon lambang-lambang tertulis dengan menggunakan pengertian yang tepat. 36.

Herlianto. (2015). Kemampuan membaca pada siswa sekolah dasar dibedakan menjadi dua yaitu membaca permulaan dan membaca pemahaman.

hidayah, N. (2016). Bahasa Indonesia mempunyai peranan penting juga dalam dunia pendidikan, hal ini dapat dilihat dari kegiatan pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan menggunakan Bahasa Indonesia dalam segala hal juga termasuk fungsinya, yaitu seba. 2.

Ismawati, E. (2016). Materi bahasa Indonesia pada siswa sekolah dasar yaitu. 62.