BERMAIN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI SD IT PRIMA MANDIRI KECAMATAN PERCUT SEI TUAN

Main Article Content

Robinson Hutagaol
Maria Friska Nainggolan
Winny Sunfriska Limbong

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Prima Mandiri. Responden Pengabdian kepada Masyarakat ini yaitu siswa kelas IV A yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi. Instrument untuk mengatahui hasil belajar menggunakan Pre-test dan Post-test yang terbentuk tes objektif. Validitasi instrumen diuji dengan rumus point biserial dan untuk mengetahui rebelitasnya diuji dengan spss 22. Teknik analisi data menggunakan T-test, yang sebelumya telah diketahui homogenitas dan normalitasnya.  Pada kelompok  eksprimen diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 62,83 dan nilai pro-test sebesar 62,33. Hasil tersebut hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0,00 > 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media ular tangga dapat scara signifikasi meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Prima Mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Abdurrahman dan Bintoro. 2000. Memahami Dan Menangani Siswa Dengan Problema Belajar. Jakarta : Depdiknas

Afandi, R. (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa IPS di Sekolah Dasar.

Afandi. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar”. Jurnal Inovasi Pembelajaran. Vol. 1. No. 1 (hlm. 77-89).

Alma, Buchori dkk. 2010. Pembelajaran Studi Sosial. Bandung. Alfabeta

Anggara, I Made Citra., dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Berbantuan Peta Konsep Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV”. Internasional Journal of Elementary Education. Vol.1. No. 4 (hlm.272-280).

Arikunto, Suharsimi. dkk. 2010. Pengabdian kepada Masyarakat Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dan Hasil Belajar IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 1(1).

Arikunto. 2010. Prosedur Pengabdian kepada Masyarakat: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran: Edisi Revisi. Jakarta: PT Rajawali Pers.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Asnawir, H. & Usman M., Basyiruddin2002. Media Pembelajaran. Jakarta:Ciputat Pers.

Ayu, I., Siswoyo, & Indrasari, W. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Lectora Inspire pada Materi Usaha dan Energi SMA. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(2).

Darmawan, L. A.,dkk. 2019. “Pengembangan Media Pu le Susun Kotak pada Tema Ekosistem”. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat dan Pengembangan Pendidikan, Volume 3, Nomor 1 (hlm.14-17).

Depdiknas. 2005. Undang-Undang Guru Dan Dosen No. 14 Tahun 2003. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2005. Undang-undang Gurudan Dosen No. 14 Tahun 2005. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Kemendiknas. DePorter & Mike Hernacki. 1992 . Quantum Learning: Unleashing the Genius in

Diani, R., Latifah, S., Anggraeni, Y. M., & Fujiani, D. (2018). Physics Learning Based on Virtual Laboratory to Remediate Misconception in Fluid Material. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(2).

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gufron, N.M & Risnawita Rini. 2014. Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gulo W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Bumi Aksara Nur Jatmika, Yusep. (2012). Ragam Aktivitas Harian untuk TK. Yogyakarta: DIVA Press.

Hannaford, C. 2005. Smart Moves: Why Learning is Not All in Your Head. Utah USA: Great River Books.

Hidayah, Prastyaning., dkk. 2018. “Pengembangan Media Sepeda (Sistem Peredaran Darah) dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar”. Internasional Journal of Elementary Education. Vol.2. No. 4 (hlm. 306-310).

Irwandani, & Juariah, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram Sebagai Alternatif Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 5(1).

Jurnal Inovasi Pembelajaran (Jinop), 1(1) 77-89. Rahina, N. (2017). Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kulaitas Belajar Mengajar di Sekolah Dasar, FBS Unnes

Jurnal Lembaran Ilmu Kependidikan Jilid 36, No 1. sugiono, Metode Pengabdian kepada Masyarakat Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2012

Kemendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 67 Tahun 2013. Jakarta: Kemendikbud

Lubis, I. R., & Ikhsan, J. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Prestasi Kognitif Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2).

Majid, A. 2015. Strategi Pembelajaran. Bandung: Rosda.

Martini, P. W. S., dkk. 2018. “Pengembangan Wayang Tokoh Dongeng Berbasis Pendidikan Karakter pada Pelajaran Bahasa Bali Kelas III ekolah Dasar”. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan, Volume 9, Nomor 2 (hlm.74-85).

Montessori, M. 2004. The Origins of an Educational Innovation. Oxford: Rowman & Littlefield.inc

Musfiqon, H.M. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

MZ, Y. (2013). Pengembangan Permainan Ular Tangga Untuk Kuis Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar. Jurnal Teknik, 3(1).

Nachiapan, S. 2014. Snake and Ladder Games in Cognition Development on Students with Learning Difficulties. American Research Institute. June 2014, Vol. 3, No. 2, pp. 217—229.

Nugrahani, R. (2017). Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. Lembar Ilmu Kependidikan, 36(1), 35–44.

Nugroho, A. P., Raharjo, T., & Wahyuningsih, D. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Permaianan Ular Tangga Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1).

Pon a, P. J. R., dkk. 2018. “Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar”. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan, Volume 9, Nomor 2 (hlm.8-18).

Pramita, Amilia.,dkk. 2016. “Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Pada Materi Senyawa Hidrokarbon Kelas XI SMA Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa”. Unesa Journal of Chemical Education. Vol. 5. No. 2 (hlm. 336-344).

Pratiwi, Hargiah Anggun. 2013. Pengaruh Permainan Ular Tangga terhadap Hasil Belajar Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 09 Pontianak Utara. Skripsi (tidak diterbitkan). Pontianak: Universitas Tanjungpura,

Purbosari, P. M. (2016). Pembelajaran Berbasis Proyek Membuat Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Untuk Meningkatkan Academic Skill Pada Mahasiswa. Scholaria, 6(3).

Purnawan, dkk. 2018. “Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V”. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. Vol.2. No. 2 (hlm. 180-190).

Purwaningsih. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Kelas IV SD Donotirto Tahun Ajaran 2015/2016.

Putri, N. M. L. K., dkk., 2017. “Pengembangan Video Pembelajaran dengan Bahasa Isyarat Berbasis Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas V di SDLB-B Negeri 1 Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018”. E-Journal Edutech, Volume 8, Nomor 2 (hlm.1- 11).

R. (2018). Temperature and Heat Learning Through SSCS Model with Scaffolding : Impact on Students ’ Critical Thinking Ability. Journal for the Education of Gifted Young, 6(3).

Rakhmadhani, Nuzul., dkk. 2013. “Pengaruh Penggunaan Metode Teams Games Tuournaments Berbantuan Media Teka-teki Silang dan Ular Tangga dengan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa Pada Materi Koloid Kelas XI SMA Negeri 1 Simo Tahun Pelajaran 2011/2012”. Jurnal Pendidikan Kimia. Vo. 2. No. 4 (hlm. 190-197).

Ratnawuri, T. (2016). Pemanfaatan Komik Strip Sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UM Metro. Jurnal Promosi, 4(2).

Rohmatan, N. F. (2016). Pengembangan Permainan Ular Tangga Sebagai Media Pengayaan Pada Mata Pelajaran Dasar Dasar Perbankan Di SMK Negeri Mojoagung. Jurnal Pendidikan Akutansi, 4(3).

Rohmawati, M. 2012. Penggunaan Education Game untuk Meningkatkan Hasil belajar IPA Biologi Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. (Online), 1 (1):75—81.

Rosyana, W., Mulyani, S., & Saputro, S. (2014). Pembelajaran Model TGT (Teams Games Tournament) Menggunakan Media Permainan Monopoli Dan Permainan Ular Tangga Pada Materi Pokok Sistem Koloid Ditinjau Dari Kemampuan Memori Kelas XI SMA Negeri 1 Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3(2).

Sadiman, S., Arief, Raharjo R, & Haryanto, Anung. 1984. Media Pendidikan. Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatannya. Cetakan 2007. Jakarta: Grafindo Persada.

Saputro, A. D. (2016). Implementasi Media Pembelajaran Komik Islam Untuk Meningkatkan Prestasi Belajara Dalam Berfikir Kritis Siswa Di Sekolah. Ulul Albab, 17(1).

Satya, 2012: https://s (dalam Satya,2012:https://sayasatya.files.wordpress.com/2012/04/pkm ulartangga)ayasatya.files.wordpress.com/2http://repository.upi.edu/operato r/upload/s_paud_0803563012/04/pkm-ulartangga).

Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Slavin, E., Robert. 2009. Psikologi Pendidikan, Teori dan Praktik. Edisi Kesembilan Jilid I. terjemah-an Murianto Samosir. New Jersey: Person Education, Inc. Pengembanganmultimedia ular tangga model hannafin dan peck untuk meningkatkan hasil belajar matapelajaran IPA pada siswa kelas VIII semester genap di SMP Negeri 6 singaraja tahunpelajaran 2015/2016.

Suarmika, P. B. A., dkk. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Film Pendek Berbasis Kearifan Lokal pada Mata Pelajaran Agama Hindu Kelas V di SD Negeri 4 Banyuning Tahun Pelajaran 2017/2018”. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan, Volume 9, Nomor 2 (hlm.269-280).

Sudarmika, K. B., dkk. 2018. “Pengembangan Media Ular Tangga Inovatif untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan, Volume 9, Nomor 2 (hlm.19-28).

Sudjana, N & Rivai, A. 2015. Media Pengajaran: Buku yang Memudahkan Guru dalam Memilih, Merancang, dan Menggunakan Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono, (2012), Metode Pengabdian kepada Masyarakat Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Penerbit Alfabeta, Bandung

Suryani, Nunuk & Leo Agung. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tegeh, I Made & I Made Kirna. 2010. Metode Pengembangan. Singaraja: UNDIKSHA.

Tegeh, I Made & Sri Budiartini. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Question Student Have (QSH) Berbantuan Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar IPA”. Internasional Journal of Elementary Education. Vol.1. No. 2 (hlm.137-144).

Tegeh, I Made., dkk. 2014. Model Pengabdian kepada Masyarakat Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Triastuti, D., Akbar, S., & Irawan, E. B. (2017). Pengembangan Media Papan Permainan Panjat Pinang. Jurnal Pendidikan: Teori, Pengabdian kepada Masyarakat Dan Pengembangan, 2(10).

Winingsih, H. Lucia, dkk. 2007. Peningkatan Mutu Relevansi Dan Daya Saing Pendidikan. Jakarta: Pusat Dokumentasi Dan Informasi Ilmiah-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia PDII-LIPI.

Depdiknas. 2003. Undang- undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Jakarta: Depdiknas.

Zunanda, M., & Sinulingga, K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Kemampuan Berfikir Kritis Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1).