PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP DI KELAS III SD SWASTA BAKTI LUHUR

Main Article Content

Yetty Rosmawati Pangaribuan
Winny Sunfriska Limbong
Jheni Yusuf Saragih

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat Ini Bertujuan Untuk Menerapkan Media Gambar Dalam Meningkatkan  Hasil Belajar Siswa Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Kelas III SD Swasta Yayasan Bakti Luhur Medan. Responden dalam PkM ini berjumlah 30 orang siswa sebagai kelas dengan menggunakan media gambar. Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat menunjukkan bahwa  media gambar berpengaruh  terhadap hasil belajar siswa dalam ciri-ciri makhluk hidup dikelas III SD Swasta Yayasan Bakti Luhur Medan T.A 2021/2022. Hal tersebut dapat dilihat hasil uji hopotesis (Uji-T) bahwa nilai  thitung  yang diperoleh 11,044 lebih besar dari  ttabel  yaitu 0,361. Hasil rata-rata nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 65,63 dan post test 80,77. nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 65,63 dan post test 80,77. nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 65,63 dan post test 80,77. pretest kelas eksperimen 65,63 dan post test 80,77. Setelah pelaksanaan PkM ini diketahui bahwa penerapan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III SD Swasta Bakti Luhur Medan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Abdurrahman, M. (2003).Pendidikan Bagi Anak Berkesu litan Belajar.Jakarta:PT RinekaCipta.

Ahmadi, A. (1994).Strategi Belajar Mengajar.Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto, S. (2010).Prosedur Pengabdian Kepada Masyarakat Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2002).Media Pembelajaran.Jakarta: PT.RajaGrafindoPersada.

Asnawir&Usman, B.(2002).Media Pembelajaran.Jakarta:Ciputat Pers.

B. Djamarah, S. (2002). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru.Surabaya: Usaha nasional.

Basuki& Farida.(2001).Kelebihan dan Kekurangan Media Gambar. Online.http://sekolahdasar.net ( Diakses 10 Febuari 2022)

Dimyanti & Mudjiono, (2013).Belajardan Pembelajaran. Jakarta: PT RinekaCipta.

Gagne, R, M, dkk. (2005).Principles of Instructional Design.New York:Wadsworth.

Hamalik, O.(2016). Proses BelajarMengajar.Jakarta: BumiAksara.

Hanifah, I. (2018).Pedoman Penulisan Skripsi. Medan: Pustaka Prima.

Indra, J. (2019).Penerapan Statistik Untuk Pengabdian Kepada Masyarakat Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Karwati, E &JuniPriansa, D. (2015).Managemen Kelas. Guru Profesional yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan dan Berprestasi. Bandung: Alfabeta.

Poerwadarminta, W.J S. (1983).KamusUmumBahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rahardi, A. (2003).Media Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Rusman. (2015).Belajar & Pembelajaran :Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.

S. Sadiman, A. (1996).Media Pendidikan :Pengeertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

S. Sadiman, A. (2003).Media Pendidikan.Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada

Sardiman.(2003).Interaksi Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sudjana, N &Rivai, A. (2010).Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono.(2017). Metode Pengabdian Kepada Masyarakat Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukamadinata, Nana S. (2004).LandasanPsikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT.RemajaRosdakarya.

Supratiknya, A. (2012). Penilaian Hasil Belajar Teknik Nontes. Yogyakarta:Universitas Sanata Dharma.

Suprijono, A.(2012).Metodedan Model-model Mengajar.Bandung:Alfabeta.

Suryosubroto, B. (2009). Proser Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: RinekaCipta.

Susanto, A. (2016).Teori Belajardan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.

Syafaruddin, Asrul & Mesiono. (2016) Inovasi Pendidikan Suatu Analisis Terhadap Kebijakan Baru Pendidikan. Medan: PerdanaPublising.

Syah, M. (2002).Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Trianto.(2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progesif. Edisi Ke-4.Jakarta: Kencana.

Triwiyanto, T. (2014).Pengantar Pendidikan.J akarta: PT BumiAksara.

Undang-UndangRepublik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (diunduh pada 14 Maret 2022).

Utami, S. (2018).Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar.Jurnal Pedagogik, ISSN : 2303-1514 vol 7 No 1

Yustina.(2011).Kelebiha ndan Kekurangan Media Gambar. Online.http://www.jejakpendidikan.com( Diakses 10 Febuari 2022