PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MATERI KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR KELAS IV SD IT QUANTUM SCHOOL MEDAN

Main Article Content

Taruli Marito Silalahi
Yetti Rosmaini Pangaribuan
Asaaro Laia

Abstract

Tujuan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan koneksi matematis materi kelipatan persekutuan terkecil dan faktor persekutuan terbesar kelas IV SD IT Quantum School Medan. Sampel Pengabdian kepada Masyarakatini adalah siswa kelas IV A yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Data Pengabdian kepada Masyarakat ini dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analysis data kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan koneksi matematis materi kelipatan persekutuan terkecil dan faktor persekutuan terbesar kelas IV SD IT Quantum School Medan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

A Kristian, 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Ujong Tanjong Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Ilmiah.

A Widarti, 2013. Kemampuan Koneksi Matematis dalam menyelesaikan masalah kontekstual ditinjau dari kemampuan matematis siswa, Jurnal Pendidikan Matematika; 4.

Aidin Najihi, dkk, 2017. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Peserta Didik, Palangkaraya

Anas, Munawir (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV MIN Sepabatu Kec. Tinambung Kab. Polewali Mandar. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2016

Ayuni Ratna Sari, Agustina Tyas Asri Hardini, 2020. Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika.

D Hermawan, S Prabawanto, 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Edu Humanioral-Jurnal Pendidikan, Vol 7, No. 1.

Dra. Yetti Ariani, M.Pd., Dkk, 2020. Model Pembelajaran Inovatif Untuk Pembelajaran Matematika Di Kelas IV Sekolah Dasar, Edisi Pertama, Yogyakarta: Deepublish.

Endayanti, T., & Rahmawati, I. (2019). Analisis Pembelajaran Matematika Dalam Kurikulum 2013 Revisi Pada Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian kepada MasyarakatPendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1).

Erwanda Luha, 2021. Dasar-Dasar Matematika Untuk SD/MI Kelas 4,5,6, Edisi Pertama, Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Fathin Afifah S.K, Riana Irawati, Maulana, 2017. Pengaruh Pendekatan Problem-Based Learning Terhadap Kemampu21an Pemahaman Dan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Perbandingan, Vol 2, No.1

Febrina, D., & Airlanda, G., 2020. Meta Analisis Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(4), 564-572.

Fuadi, R., Johar, R., dan Munzir, S. 2016. Peningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Didaktika Matematika Rahmi Fuadi, dkk ISSN: 2355-4185 47 Vol. 3, No. 1.

H Gunarto, 2013. Model dan Metode Pembelajaran di sekolah. Semarang : unissula.

Kadir, M.Pd. 2017. Statistika Terapan. Jakarta : Pt. Raja Gravindo Persada

Karunia Rufaidah, Fika And Ekayanti, Arta (2021) Hubungan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Motivasi Belajar & Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Edupedia Jurmas : Jurnal Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2 (5).

Kinedi, Ari Kiswanto, dkk. 2018. Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Matematika, Vol.5, No.2, 228.

M Muhardi, 2018. Model Pembelajaran Discovery Learning, Jurnal ilmiah ilmu-ilmu keislaman, vol. 6, No. 11; 137.

Masniladevi, Nora Melina, 2020. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar FBB Dan KPK di Kelas IV SDN Gugus 5 Kecamatan Sutera, Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 4 No. 3

Meilani, M., & Maspupah, A., 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah SD Pada Materi Kelipatan persekutuan terkecil dan faktor persekutuan terbesar. Journal on Education, 2(1), 25-35.

Miranda, G. Y. ., & Ahmad, S., 2020. Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi FPB dan KPK Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas IV SDN 13 Gadut Agam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2811–2818.