SOSIALISASI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Nanda Setiawaty
Jheni Yusuf Saragih
Taruli Marito Silalahi

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui apakah Model pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar IPS disekolah dasar, Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan di UPT SD Negeri 064985 Helvetia Tengah. Sumber referensi yang digunakan dalam Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah berbagai literature seperti buku, jurnal online, internet dan kepustakaan lainya. Setelah melaksanakn sosialisasi dalam Pengabdian kepada Masyarakat ini, maka dapat disimpulkan bahwa bahwa model pembalajaran explicit instruction dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa sekolah dasar UPT SD Negeri 064985 Helvetia Tengah. Penggunaan model pembelajaran explicit instruction memberikan pengaruh yang positif dan hasil belajar IPS siswa meningkat secara signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Afindasari Dwi Wiwin, 2017.” Pengaruh model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbantuan Media Movie Learning Terhadap Prestasi Belajar Dan Tanggung Jawab Siswa Mata Pelajaran Ips Kelas IV Di SDN 1 BANTERA”. Skripsi. Purwokerto. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan

Al-Tabany, Bandar Ibnu Trianto .2014. “Mendesain Model Pembelajara Inovatif, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/TKI). Jakarta: Prenada Media Group

Anugrah Desi Tri, 2017.” Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Explicit Intruction Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VB SDN 1 Gantiwarno”. Lampung. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

Anwar Saeful Agus, 2019,”Peberapan Model Pembelajaran Explicit Instrucion Untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa Pokok Bahasan Cahaya Dan Sifatnya PAda Siswa Kelas V Di SDN 1 Sembaw”Volume 4 Nomor 1

Ardana Wishnu Pande, dkk. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPSSiswa Kelas VI SDN 17 Dangin Puri Kota Denpasar” Volume 2 No. 1

Assyari dkk, 2020. “Cakap Dan Kreatif Mendidik”. Jawa Barat, Edu Pubusher

Dani Risman Nurhelfi, 2019 “Peningkatan Motivasi Siswa Kelas V Pada Pembelajaran IPSModel Explicit Instruction Di Sekolah Dasar”, Vol.19, No.2.

Huda Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran Dan pembelajaran. Malang: Pustaka Pelajaran

Khoiriyah Iftah, 2015,” Penerapan Metode Pembelajaran Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran Program Web Kelas X Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) Di SMK N 1 KEBUMEN”. Skripsi. Semarang. Fakultas Teknik.

Lutfiyah dkk, 2018.“Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA”, Vol. 5, No.1.

Mastika Dewi Ayu. L, dkk “Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Intruction Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPSKelas V SD Gugus I Kecamatan Buleleng” vol 1, No.1

Nazir, M, 2019. Metode Pengabdian kepada Masyarakat, Jakarta, Ghalia Indonesia

Nurvitriawati, dkk, 2018.”Pengaruh Model Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Membaca Konsep Denah Pada Murit Kelas IV SD”,Volume 3 Nomor 1

Nurhatika, 2019 “Model Explicit Intruction Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPSKelas III SDN 09 Mattekko Kota Palopo” Vol 1, No. 1

Nurmalawati Wardani dkk,2018. “ Jurnal Pendidikan Empirisme”,Sang Surya Media

Mastika Dewi Ayu L, dkk, 2013. ” Pengaruh Model Pembelajaran Explicit zzinstruction Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPSKelas V SD Gugus kecamatan Buleleng”

Megawati, 2016.” Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Untuk Meningkatakan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPSDi Kelas V SDN Ginunggung Tolitoli” Vol, 4, No. 10

Oktarina Roti, 2017. “Pengaruh Penerapan Pembelajaran Explicit Instrucion Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Ipa”, Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyah Islamiyah Cempaka Palembang,Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Purwanjo, 2010, Evaluasi Hasil Belajar, Celebak Timur, Pustaka Pelajar

Rahayu Wahyuningsih, 2015. “Model Pembelajaran Komeks: Bermuatan Nilai-nilai pendidikan Karakter Aspek Membaca Intensif Di SD”, Deepublish

Ratungri Yusak,2016 ” Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sains Pada Materi Rangka Manusia Kelas IV SD GMIM2 Kandoran Kecamatan Ranowulu Kota Bitung”Vol, 2, No. 1.

Sugiyono, 2019, “Metode Pengabdian kepada Masyarakat Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D”,Bandung,Alfabeta Cv

Suesanto dkk, 2018. “Jurnal pendidikan Konvergensi”, Sang Surya Media, ISSN: 2301-9050.

Utari Rahmawati, dkk, 2016,”Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan Lingkungan Alam Sekitar Terhadap Hasil Belajar IPSSiswa Kelas IV” ,Volume 4 No 1

Utami, Dwi. 2018.” Jurnal Pendidikan Dwija Utama”, Sang Surya Media