SOSIALISASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PKN MATERI SILA-SILA PANCASILA SISWA KELAS V SDN 060951 MEDAN LABUHAN
Main Article Content
Abstract
Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar PKn materi sila-sila pancasila pada siswa kelas V SDN 060951 Medan Labuhan T.A 2022/202. peserta dalam Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 060951 Medan Labuhan yang berjumlah 33 siswa. Dari hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata pretest sebelum diberi perlakuan yaitu 39,5 dan setelah diberi perlakuan nilai rata-rata postest yaitu 80,9. Hasil uji t menunjukan nilai Sig (2- tailed) yaitu 0,003 < 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar PKn pada data pretes-postest. Dengan hasil nilai t hitung yang bernilai 3,2 dan t table 1,693 dimana t hitung > t table yang artinya di tolak dan diterima. Dapat disimpulkan bahwa medel pembelajaran project based learning berpengaruh terhadap hasil belajar PKn materi sila-sila pancasila siswa kelas V SDN 060951 Medan Labuhan T.A 2022/2023.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
A. M., Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Abd, Kadir,dkk.2015. Pembelajaran Tematik. Depo: PT. Rajagrafindo Persada.
Agustina, Dewi. "Pembelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri Program Khusus MAN 4 Banjar." Skripsi; FTK UIN Antasari Banjarmasin, 2020. http://idr.uin-antasari.ac.id/14184/
Andriyani, W. & Suryani, N. (2017) „Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Belajar Peserta Didik Kelas X Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri 1 Slawi Tahun Pelajaran 2015/2016‟, 6(1). doi: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj.
Arikunto, S. (2006). Manajemen Pengabdian Kepada Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Bloom, Benjamin S., etc. 1956. Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals, Handbook 1 Cognitive Domain. New York: Longmans, Green and co.
Bloom, S. Benyamin. (1975). Taxonomy of Educational Objectioves, The lassification of Educational Goals dalam Sudjana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Bugin, Burhan. 2001. Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat Kualitatif, Jakarta, Raja Grafindo Daryanto dan Muljo Rahardjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diunduh https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wpcontent/uploads/2016/08/UU_no_ 20_th_2003.pdf pada 22 Juli 2019
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta Fathurrohman, Muhammad.
Daruz. 2016. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyayakarta: Ar-ruzz
Hamiyah, Nur dan Mohammad Jauhar. 2014. Strategi Belajar Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakakarya.
Hardini, Isriani. 2015. Strategi Pembelajaran Terpadu. Jogjakarta: Familia Jalaluddin. (2016). Pendidikan Islam: Pendekatan Sistem dan Proses. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Kaderi Husin. 2015. Arti Penting Kandungan Abu pada Produk Olahan. Banjarbaru: Balittra (Balai Pengabdian Kepada Masyarakat Lahan Rawa), bahan Pengabdian Kepada Masyarakat dan Penegembangan Pertanian Kementrian pertanian.
Kemendikbud. 2014. Laporan Hasil Ujian Nasional Tahun 2014 oleh Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat Pendidikan BALITBANG. Jakarta.
Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstul : Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Adiatama
Maftuh dan Sapriya. 2005. “Pembelajaran PKn Melalui Konsep”. Jurnal Civicus Implementasi KBK dalam Berbagai Konteks
Rusman.2015. Pembelajaran Tematik Terpadu.Jakarta: Raja Grafindo Persada Sanjaya, Wina. 2005, Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, (Jakarta: Kencana Predana Media Group).
Slameto. 2002. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta
Slameto.2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 1999. Metode Pengabdian Kepada Masyarakat Bisnis, hal 65-66 Alfabeta Jakarta.
Sugiyono (2019). Metode Pengabdian Kepada Masyarakat Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA
Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.