PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS III DI SD SWASTA BAKTI LUHUR MEDAN

Main Article Content

Yetti Rosmawati Pangaribuan
Taruli Marito Silalahi
Barita Esman Dabukke

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe make a match pada materi sifat-sifat benda untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas III di SD Swasta Bakti Luhur Medan. Pengabdian kepada Masyarakat ini merupakan Pengabdian kepada Masyarakat tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan prosesPengabdian kepada Masyarakat (1) pembelajaran dengan penerapan model kooperatif tipe make a match, (2) merencanakan bentuk tindakan pada siklus II berdasarkan hasil refleksi siklus I. Sedangkan indikator Pengabdian kepada Masyarakat menunjukkan adanya peningkatan hasil belajarsiswa subyek Pengabdian kepada Masyarakat adalah peserta didik kelas III SD Swasta Bakti Luhur Medan semester genap, yang berjumlah 30 peserta didik. Hasil Pengabdian kepada Masyarakat menunjukkan bahwa siklus pertama hanya 17 siswa (57%) peserta didik yang mencapai nilai KBM (70). Sedangkan 13 siswa (43%) berada di bawah nilai KBM. Siklus kedua menunjukkan bahwa 4 orang siswa (13%) yang nilainya tidak mencapai KBM. Sementara 26 siswa (87%) yang nilainya melampaui nilai KBM. Gambaran penerapan model kooperatif tipe make a match pada materi sifat-sifat benda untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas III di SD Swasta Bakti Luhur Medan. Berdasarkan hasil tes siklus kedua, yaitu pada kategori tuntas mencapai 87 persen. Dan hanya sedikit siswa yang memiliki hasil belajar pada materi sifat-sifat benda yaitu 13 persen, pada siklus pertama peserta didik yang tuntas hanya 57 persen dan tidak tuntas sebanyak 43 persen. Hal ini menggambarkan bahwa penerapan model kooperatif tipe make a match telah berlangsung dengan baik dan dapat menunjang peningkatan hasil belajar pada materi sifat-sifat benda. Oleh karena itu, disarankan kepada guru dalam mengajarkan materi pelajaran hendaknya mengedepankan penerapan model kooperatif tipe make a match.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Andrian Vernandes. (2016, 06 Sabtu). 50+ Bank Soal IPA SD Tentang Benda dan Sifatnya.

Arikanto, S. &. (2010). Pengabdian kepada Masyarakat Tindakan Kelas (Classroom Action Research).

Brilian, B. B. (2016, November Rabu). Soal IPA Kelas 3 SD BAB Perubahan Sifat Benda Dan Kunci Jawaban.

Dosen Pendidik 2. (2022, 04 Senin). Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli.

Dr. Purwanto, M. (n.d.). Evaluasi Hasil Belajar.

Fitria, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, 13-23.

Harningsih, Endah Tri. (2019, Juli). Peningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Sifat-Sifat Benda Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas III SD Wonosekar Tahun 2017/2018. Elementary School 6 (2019), Volume 6 Nomor 2 Juli 2019, 128-130.

Mudjiono, D. &. (2006). Belajar dan Pembelajaran.

Nurul Fitria. (2019M/1440 H, Januari Selasa). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Tema Daerah Tempat Tinggalku Di Kelas IV Mis Lamgugob Kota Banda Aceh. 10-24.

Pradita, S. M. (2013). Penerapan Pembelajaran Make A Match dan Kontribusinya Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah. Universitas Pendidikan Indonesia.

Rusma. (2012). Model-Model Pembelajaran.

Slavin E, R. (2008). Cooperative Learning (Teori, Riset dan Praktik). Penerjemah: Narulita Yusron.

Sugiyono. (2010). Metode Pengabdian kepada Masyarakat Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif,dan R&D).

Suraidah, Hendri Mahardi, Eddy Noviana. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas V SDN 003 Sungai Manasib. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pengetahuan Universitas Riau, Pekanbaru.

Vernandes, Andrian. (2016, Agustus Sabtu). 50+ Bank Soal IPA SD Tentang Benda dan Sifatnya.

Yuliand Setyaningtyaa, S. (2009). Cerdas Sains Kelas 1-3 SD. Jagakarsa - Jakarta 12620: Pustaka Widyatama.