PENERAPAN METODE (OK5R) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI SD NEGERI 060833 KECAMATAN MEDAN PETISAH
Main Article Content
Abstract
Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode Reading Overview, Key Ideas, Read, Record, Recite, Review, dan Reflect (OK5R) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VI SD Negeri 060833 Kecamatan Medan Petisah. Responden dalam PkM ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah 28 siswa. PkM ini dilaksanakan selama dua minggu dengan enam kali pertemuan. Setelah pelaksanaan PkM Dapat dilihat pada analisis data bahwa dalam penerapan metode Reading Overview, Key Ideas, Read, Record, Recite, Review dan Reflect (OK5R) memberi pengaruh positif dan kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat secara signifikan. Dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas VI SD Negeri 060833 Kecamatan Medan Petisah. Pemahaman siswa guru harus memahami langkah-langkah pembelajaran dari metode pembelajaran Reading Overview, Key Ideas, Read, Record, Recite, Review, dan Reflect (OK5R).
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.
Anas, Sudijono. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Boliti, Sukamong. 2013. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN I Lumbi-Lumbia melalui Metode Latihan Terbimbing. Jurnal Online. Jurnal Kreatif Tadulako Online. (Vol 2, No 2). Universitas Tadulako.
Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: CV Mitra Karya.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan Zein. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamdi, Dzul. 2014. Pengaruh Metode OK5R terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Cerpen Pada siswa Kelas VI SD Attaqwa Pusat Putra Bekasi. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Hidayah, Nurul, dan Fiki Hermansyah. 2016. Hubungan antara Motivasi Belajar dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung. Jurnal Online. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Dasar. (Vol 3, No 2). IAIN Raden Intan Lampung.
Istarani. 2012. Kumpulan 40 Metode Pembelajaran. Medan: Media Persada.
Izza, Rizqi Aqidatul. 2019. The Use Of OK5R Strategy To Improve Students Reading Skill A Classroom Action Research of the Eleventh Grade Students of SMK An-nur Ampel in the Academic Year 2019/2020. Skripsi. Teacher Training And Education Faculty State Institue For Islamic Studies (IAIN) Salatiga.
Mardhiyah, Annisa, dkk. 2019. Penerapan Strategi OK5R (Overview, Key Ideas, Read, Record, Recite, Reflect, dan Review) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Online. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. (Vol 4, No 3 Hal. 35-44). Universitas Pendidikan Indonesia.
Meliyana, Vevi. 2018. Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa dengan Menggunakan Metode OK5R (Overview, Key Ideas, Read, Record, Recite, Review, dan reflect) pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Aziziyyah Pekanbaru. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Paida, Andi. 2016. Keefektifan Strategi OK5R (Overview, Key Ideas, Read, Record, Recite, Review, dan Reflect) dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas VI SD Negeri 42 Bulukumba. Jurnal Retorika. (Vol 9, No 2, Hal. 90-163). Universitas Muhammadiyah Makassar.
Rahim, Farida. 2008. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Somadoyo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2013. Metode Pengabdian kepada Masyarakat Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumantri, Mohammad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Wulandari, Iis. 2018. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Metode OK5R (Overview, Key Ideas, Read, Record, Recite, Review, dan Reflect) pada Siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 08 Padang Besi. Fakultas Keguruan Universitas Negeri Padang.
Yusna, Herna. 2012. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Strategi Overview, Key Ideas, Read, Record, Recite, Review, dan Reflect (OK5R) pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa kelas IV MI Negeri Merangin Kecamatam Bangkinang Barat Kab. Kampar. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau