Pelatihan Praktik Pelayanan Kefarmasian di Apotek Wilayah kota Medan

Main Article Content

Eva diansari Marbun
Modesta Tarigan
Christica Ilsanna Surbakti

Abstract

Pelayanan kefarmasian adalah pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Dikeluarkannya Permenkes nomor 35 tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek merupakan upaya pemerintah agar apoteker dapat melaksanakan pelayanan kefarmasian secara profesional. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui praktek pelayanan kefarmasian yang dilakukan oleh apoteker di apotek kota Medan berdasarkan Permenkes nomor 35 tahun 2014. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan kuesioner, wawancara dan observasi kepada apoteker di apotek wilayah Kota Medan. Responden adalah apoteker yang pelayanan kefarmasiannya dinilai oleh apoteker lain yang ada di apotek tersebut. Kuesioner berisikan pernyataan tentang pelayanan kefarmasian oleh apoteker di apotek berdasarkan Permenkes nomor 35 tahun 2014

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Hartini, Y.S. dan Sulasmono, 2006, Apotek: Ulasan beserta Naskah Peraturan Perundang-undangan Terkait Apotek, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Purwanti, A., Harianto, dan Sudibjo, S., 2004, Gambaran Pelaksanaan Standar Pelayanan Farmasi di Apotek DKI Jakarta tahun 2003, Majalah Ilmu Kefarmasian, I (2): 102-115.

Mboi, N., 2014, Peraturan Menteri Kesehatan No. 35 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek, Depkes RI, Jakarta.

Hermansyah, A., Sukorini, A.I., Setiawan, C.D., dan Priyandani, Y. The Conflicts Between Professional and Non-professional Work of Community Pharmacists In Indonesia. Pharmacy Practice 2012. 10(1): 33-39.

Wiryanto, 2014, Model Konseptual Revitalisasi Praktik Farmasi Komunitas di Indonesia, Disertasi, Fakultas Farmasi Universitas Sumatra Utara, Medan

Atmini, K.D., Gandjar, I.G., dan Achmad P., 2011, Analisis Aplikasi Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kota Yogyakarta, Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi, 1 (1): 49-55.

Sujudi, A., 2004, Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 1027/MENKES/SK/IX/2004 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek, Depkes RI, Jakarta.