Penyuluhan Pemberian Vitamin A Pada Anak Balita Di Puskesmas Wilayah Kota Medan

Main Article Content

Syukur Berkat Waruwu
Christica Ilsanna Surbakti
Artha Yuliana Sianipar

Abstract

Salah satu permasalahan kesehatan terutama di negara  berkembang  yaitu  adanya  gangguan pertumbuhan  yang  terjadi  pada  semua  usia karena adanya kekurangan vitamin A. Hal ini mengakibatkan  penurunan  daya  tahan  tubuh terhadap   penyakit   yang   berpengaruh   pada kelangsungan  hidup  anak.  Tujuan  penelitian untuk   mengetahui   gambaran   pemanfaatan program  pemberian  kapsul  vitamin  A  pada balita.  Penelitian ini merupakan   penelitian   kuantitatif   deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi menggunakan  data  sekunder  yang  bersumber  dari aplikasi  e-PPGBM.   Analisis data dilakukan  secara  univariat. Hasil  penelitian  menunjukkan   jumlah   anak   terbanyak  yang menerima  kapsul  vitamin  A  adalah  815  anak  (62%)  yaitu  dari  Kelurahan  Bandar  Selamat  dan   pada   awal   tahun  2021  Februari   yang  menerima  kapsul  vitamin  A  terbanyak  adalah  sebanyak 580 anak (65%) yaitu dari Kelurahan  Bandar Selamat .Disarankan kepada puskesmas  untuk  meningkatkan  pengetahuan  dan  keterampilan  petugas  tentang kompetensi  dan  peran  masing -masing  khususnya  pada bidang gizi melalui sebuah pelatihan, seminar  atau workshop yang berkaitan dengan gizi dan gangguan gizi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Indarwati, (2014). Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Vitamin A pada Balita di Desa Durensari,

Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo tahun 2014.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Panduan Manajemen Suplementasi Vitamin A. Jakarta,2009.

KEMENKES.(2015). Profil Kesehatan Indonesia.http://www.depkes.go.id/search/profil- kesehatanindonesia/profil-kesehatan-Indonesia-2015.pdf. Diakses tanggal 22 Januari 2019.

KEMENKES RI.(2016). Diprogram Campak Diintegrasikan Bulan Pemberian Vitamin A dan Obat Cacing. Pontianak

KEMENKES.(2017). Profil Kesehatan Indonesia

http://www.depkes.go.id./resources/download/pusdatin/profil-kesehatanindonesia-tahun/Profil-Kesehatan-Indonesia-tahun-2017.pdf.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Manfaat Pemberian Vitamin A untuk Anak.

Diunduh dari https://promkes.kemkes.go.id/manfaatpemberian-vitamin-a-untuk-anakpada 10

Oktober 2020.

Wirahmadi, A. (2017). Perlukah suplementasi vitamin dan mineral pada bayi dan anak?. Diunduh dari https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/perlukah-suplementasivitamin dan mineral-pada-bayi-dananakpada10 Desember 2020.