Penerapan Lagu Bermain Dan Berhitung Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan

Main Article Content

Hilma Mithalia Shalilihat
Ruth Donda E. Panggabean
Ermeka Paulina

Abstract

Penerapan lagu dalam pembelajaran berhitung adalah pendekatan yang efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep lambang bilangan pada anak-anak. Lagu-lagu dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan mudah diingat bagi anak-anak. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengimplementasikan lagu bermain dan berhitung untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep lambang bilangan di TK Hasanuddin. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat yaitu tentang penerapan lagu bermain dan berhitung, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan di TK Hasanuddin.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Affrida, Ervin Nurul, 2017. strategi ibu dengan Peran Ganda dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Obsesi, 1 (2), 114-130.

Ali, & Asrori, 2018. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi, 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Aisyah, Siti dkk, 2010. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka

D., Olds, S. W., & Feldman, R. D., Papalia, 2015. Human Development (Perkembangan Manusia). Jakarta: Salemba

Desmita, 2015. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Djamarah, S. B., 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi Dalam Keluarga. Jakarta : Salemba Medika

_______, 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Drew, Edwards C., 2006. Ketika Anak Sulit Diatur, (Alih bahasa: Oetih. F.D), Bandung: Mizan Pustaka

Edwards, 2006. Ketika Anak Sulit Diatur. (Alih bahasa: Oetih. F.D). Bandung: Mizan Pustaka

Egok, Asep Sukenda, 2016. Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 7 Edisi 2. 186-199

Ermi, E., 2017. Upaya meningkatkan prestasi belajar IPA dengan pendekatan metakognotif kelas VI di SDN 123 Pekanbaru. Jurnal Indragiri 1(2), 1-67

Fatmawati (2019). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Se Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar. Skripsi IAIN Tulungagung

Lestari, Dwi. 2016. Studi Komparasi Kemandirian Personal Hygiene Anak Prasekolah Berdasarkan Pola Asuh Permisif, Otoriter Dan Demokratis Di Dusun Turi Sidorejo Ponjong Gunung Kidul. Jurnal Universitas Aisyiyah Yogyakarta. pp1-15

Muallifah, 2009. Psycho Islamic Smart Parenting. Jogjakarta: Diva Press

Mudjiman, Haris, 2017. Belajar Mandiri. Surakarta: UNS Press

Gunarsa, Singgih D. 2008. Psikologi Anak: Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Hamdi, A.S. & Baharuddin, E., 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta : Budi Utama

Hurlock, Elizabeth B., 2015. Perkembangan Anak.. Jakarta: Erlangga

Indrawati, Aniek & Novilia, Evita, 2016. Parenting Style in Entrepreneurship Building on Children. Journal of Business and Management 18, no. 10 (October 2016): 76–81

Maemunah, Siti; Hisham Abdul Malik; Wahyuni Nadar, 2020. Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Kemandirian Anak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II.

Rahman, Hibama S., 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Galah

Rifky, 2020. Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 2 No 1 April 2020

Safitri & Aini, 2018. Gambaran Penanaman Kemandirian Dalam Keluarga. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 85. Diakses dari : https://doi.rg/10.24036/Spektrumpls.V1i1.9005

Santrock, John W., 2013. Adolesence: Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Slameto, 2010. Belajar & Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sari, Desi Ranita, 2019. Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan : Early Childhood, 3(1), 1–12

Sugiyati, 2018. Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Kemandirian Sosial Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Islam Kecamatan Sungai Raya. Jurnal UNTAN.

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Suharsono, Joko Tri; Aris Fitriyani, Arif Setyo Upoyo., 2009. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Sosialisasi pada Anak Prasekolah Di TK Pertiwi Purwokerto Utara, Jurnal Keperawatan Soedirman, 4 (3), 112-118

Suskandeni, Wasliah, Utami, K., 2018. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah Di TK Negeri Pembina Lombok Barat 2017. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Unissula: Penguatan Keluarga di Zaman Now: Fakultas Psikologi Lt.3, 12 Mei 2018, 103–114

Syaman, Nurmasyithah, 2019. Dampak Pola Asuh Orangtua & Guru Terhadap Kecenderungan Perilaku Agresif Siswa. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media

Trianto, 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana

Warsita, Bambang, 2011. Pendidikan Jarak Jauh Perancang Pengembangan Implementasi dan Evaluasi Diklat. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wibowo, A., 2012. Pendidikan Kararter Usia Dini. Yogyakarta : PustakaPelajar

Wijanarko, J., & Setiawati, E., 2016. Ayah baik- ibu baik parenting era digital pengaruh gadget dan perilaku terhadap kemampuan anak. Jakarta: Keluarga Indonesia Bahagia Bumi Bintaro Permai

Wiyani, Novan Ardy, 2013. Bina Karakter Anak Usia Dini Panduan Orangtua dan Guru dalam Membentuk Kemandirian dan Kedisiplinan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-ruzz Media

Yamin, Martinis, 2013. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Gaung Persada Press

Yulianti, Dwi, 2016. Bermain sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT Indeks

Zaman, Badru dan Hernawan, Asep Hery, 2014. Media dan Sumber Belajar PAUD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.