Pelatihan Pembuatan Media Sandpaper Letters Untuk Mengenal Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun

Main Article Content

Rahmi Wardah Ningsih
Niken Farida

Abstract

Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan pembuatan media sandpaper letters yang bertujuan untuk mengenalkan huruf pada anak usia 4-5 tahun. Objek pengabdian masyarakat ini adalah guru RA An-Nur Kutilang. Hasil pengabdian masyarakat berupa data kendala yang dihadapi guru RA tentang pengenalan huruf pada anak usia 4-5 tahun dengan media sandpaper letters adalah minimnya pengetahuan serta wawasan guru mengenai media sandpaper letters dan dan data peningkatan kemampuan pengetahuan serta keterampilan guru RA An-Nur.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Ade Chandra, R. D. (2017). Pengembangan Media Visual Kartu Angka Efektif Untuk Mengenalkan Huruf Vokal A, I, U, E, O Pada Anak Usia Dini 3-4 Tahun Paud Labschool Jember. Jurnal Indria (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 2(1), 62–71. Https://Doi.Org/10.24269/Jin.V2n1.2017.Pp62-71

Aulia, D. K. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Dan Konsonan Melalui Permainan Memancing Huruf Pada Anak Usia Dini. 13, 99.

Fikasari, C. (2012). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Sandpaper Letters Terhadap Kemampuan Meniru Huruf Kelompok A Paud Ar Rahman Jombang. Bmc Public Health, 5(1), 1–8.

Iqbal, M. (2021). Efektifitas Digital Marketing Terhadap Kualitas Layanan Pada Usaha Di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Di Aceh). In Jemsi (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi) (Vol. 7, Issue 2, Pp. 83–93). Https://Doi.Org/10.35870/Jemsi.V7i2.609

Jannah, A. R., Abidin, R., & Suweleh, W. (2019). Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini Dampak Gudget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5, 25–40.

Nur’aeni, N., Faudi, D. N., & Rizal, S. S. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Tegak Bersambung Melalui Penggunaan Alat Peraga Sandpaper Letters Berbasis Montessori. Bestari: Jurnal Studi Pendidikan Islam, Xvi(22), 115–138.

Nurzahara, S. (2021). Pengaruh Media Sandpaper Latter Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Pada Kelompok B Tk Dharma Wanita Mendalo Darat (Doctoral Dissertation, Universitas Jambi).

Rahmawati. (2019). Penerapan Media Gambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Abjad Pada Min 1 Bener Meriah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (Jipa), 7(3), 237–247. 1 2010: 24). (2009). 58.

Student, M. T., Kumar, R. R., Omments, R. E. C., Prajapati, A., Blockchain, T.-A., Ml, A. I., Randive, P. S. N., Chaudhari, S., Barde, S., Devices, E., Mittal, S., Schmidt, M. W. M., Id, S. N. A., Preiser, W. F. E., Ostroff, E., Choudhary, R., Bit-Cell, M., In, S. S., Fullfillment, P., … Fellowship, W. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Sandpaper Letter Berbasis Montessori Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun Di Mojopurno Wungu Madiun. Frontiers In Neuroscience, 14(1), 1–13

Suryani. (2019). Pengaruh Media Sandpaper Letters Terhadap Kemampuan Menulis Anak Kelompok B Di Paud Cahaya Ananda Palembang. Hibualamo, 3(2014), 76–86.

Ulah, M. (2013). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Kelompok A Ra Roudlotul Islamiyah Sidoarjo. Paud Teratai: Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1–11.

Yasinaini, L., Darmawani, E., & Novianti, R. (2023). Penggunaan Media Sanpaper Latter Terhadap Keaksaraan Awal Anak Kelompok B Di Paud Jaya Henida Palembang. 2(4), 1558–1564.