Sosialisasi Permainan Bola Basket Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar

Main Article Content

Hilma Mithalia Shalilihat
Ruth Donda E. P
Juli Avoni Oegi Tambun

Abstract

Permainan bola basket merupakan salah satu jenis permainan yang bukan hanya mengandalkan tenaga atau kekuatan fisik semata, namun juga membutuhkan konsentrasi dan kemampuan berpikir untuk menyusun strategi penyerangan ke area lawan. Melakukan pergerakan tangan dan kaki dalam setiap teknik bermain basket juga memerlukan fokus atau koordinasi yang baik agar tidak terkena pelanggaran. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman praktisi tentang jenis permainan bola basket dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar. Fisik yang sehat dan pertumbuhan yang maksimal bisa dirasakan oleh siapa saja yang menjadikan basket sebagai salah satu kegiatan fisik motoric kasar berupa permainan bola basket yang diterapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Aqip Zainal. 2010. Metode Penelitian Survei. Jakarta : LP3ES

Artiati Endang Suhesti, 2017. Pemilihan Dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk Anak Usia

Dini. Jakarta: PT Grasindo

Astuti Woro. 2011. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Bogdan dan Biklen.2002. Metode Mengajar Di Taman Kanak - Kanak. Jakarta: PT. Indeks

Depdiknas. 2012. Prinsip-Prinsip Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jakarta :

Dekdikbud.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan

Kebudayaan 137 Tahun 2014. Direktorat Jenderal Manejemen Pendidikan Dasar dan Menengah Pembinaan TK / SD.

Harsono. 2011. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Gama Media.

Hurlock Elizabeth B.1978. Perkembangan Anak Jilid 1 Edisi Keenam. Bandung: Remaja Rosdakarya

Ismail Andang. 2009. Pemilihan Dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini.

Jakarta: Depdiknas.

Vita Naurina. 2012. Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Loncat

Galaksi dan Lari Zig - Zag Pada Kelompok B di TK PKK 3 Sriharjo”.Jurnal.

M. Saputra Yudha & Rudyanto. 2005. Profil Perkembangan Anak. Jakarta: PT. Indeks

MS. Sumantri. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta :

Departemen Pendidikan Nasional

R. Conny Semiawan. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta : UNY Press.

Dewi Rosmala, Suwarsih Madya. 2005. Berbagai Masalah Anak Taman Kanak - Kanak.

Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian. Bandung : Ghalia Indonesia.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto.2000. Metode Penelitian Sosial. Jakarta : Erlangga

Suhesti Endang Hartati. 2017. 77 Games Berkarkter Dalam Bimbingan Konseling. Jakarta :

Yatama Widya

Sujiono Bambang, dkk. 2008. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : Erlangga.

Sumantri. 2005. Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta

: Departemen Pendidikan Nasional.

Sudijono Anas. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kusumah, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : UNY.

S. Tedjasaputra Mayke. 2001. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Gama

Media.

Syarifudin Aip & Muhadi: 1991. Perkembangan Dan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta:

PT. Grasindo.

Toho dan Gusril. 2004. Dasar - Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.

Permendikbud No : 137. 2013. Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian

Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Manajemen

Undang-Undang Nomor : 20. Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:

Kementrian Pendidikan Nasional.

Yulianti Dwi, M.Si. 2016. Bermain Sambil Belajar Sains Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta : PT.

Indeks

Yoga Aditama. 1992. Permainan Bola Basket Anak Usia Dini. Yogyakarta : Gama Media.

(https://www. haibunda. com/parenting /d-4177908/5-manfaat-main-basket-untuk- anak, tanggal 28 Maret 2019, pukul 16.00)