Penerapan Bermain Peran Untuk Meningkatkan Karakter Sopan Santun

Main Article Content

Sondang Purba
Panni Ance Lumbantobing
Dian Nitasari Buulolo

Abstract

Pendidikan karakter perlu diterapkan kepada siswa sejak dini. Karakter tidak lahir dengan sendirinya, tetapi karakter dibangun, dibina dan dikembangkan melalui proses yang tiada henti. Karakter terbentuk dari pembiasaan yang dilakukan berulang-ulang. Pembentukan karakter tentunya dapat dilaksanakan melalui pendidikan. Kegiatan ini bertujuan untuk menerapkan kegiatan bermain peran untuk meningkatkan karakter sopan santun anak usia 5-6 tahun dilaksanakan di TK Al-Warif dengan jumlah partisipan sebanyak 20 anak. Berdasarkan hasil hasil kegiatan diperoleh nilai rata-rata sebesar 31,25%, dari 20 orang terdapat 1 (5%) anak dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB), 2 (10%) anak dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 6 (30%) anak dengan kriteria Mulai Berkembang (MB) dan 11 (55%) anak dengan kriteria Belum Berkembang (BB).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Apriani, D. (2013). Penerapan Permainan Tradisional Engklek untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B RA Al Hidayah 2 Tarik Sidoarjo. PAUD Teratai, 2(1), 1-13.

Arfilianti, A. (2021). Efektivitas Kegiatan Permainan Olahraga Estafet Untuk Meningkatkan Sosial-Emosional Pada Anak Kelompok B Di PAUD Al-Fitri (Doctoral dissertation, Universitas Bina Bangsa Getsempena).

Azmi, K., & Hadi, S. A. U. (2022). Efek Permainan Tradisional Dalam Mengoptimalkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. Jurnal Al Mahsuni: Jurnal Studi Islam & Ilmu Pendidikan, 10(1)

Farida, A. (2016). Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, 4(2).

Khasanah, K. (2020). Penerapan Metode Bermain Estafet Puzzle dalam Meningkatkan Kerjasama Kelompok di RA Miftahul Huda 1 Turirejo Demak Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).

Khotimah Khusnul, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Challenge Board Game Di TK Islam Mutiara Ibunda Semarang. Skripisi

Latif Mukhtar, dkk (2019) Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. hlm. 05-23

Pohan, Jusrin Efendi. 2020. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Konsep Pengembangan. Depok : Rajawali Pers

Rohendi, Asep, dkk. (2017). Perkembangan Motorik. Bandung: Alfabeta.

Sandi, P. (2022). Kontribusi Kecepatan Dan Kelincahan Terhadap Kemampuan Menggiring Bola Pada Siswa Sekolah Sepak Bola Persada Tanggamus.

Saripudin, A. (2019). Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak, 1(1), 114-130.

Sulistyo, I. T. (2021). Profil Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun (Penelitian Survei di TK Gugus Dahlia, Kecamatan Ngrampal, Kabupaten Sragen).

Sugiyanto, D. A. (2022). Pengaruh Latihan Sirkuit Terhadap Kecepatan Tendangan Dollyo Chagi Dalam Beladiri Taekwondo Di Ekstrakurikuler Rakean Taekwondo Club Sman 1 Pagaden (Doctoral dissertation, Universitas Subang).

Sumaryanti, W. D. E. P. (2015). Kemampuan Motorik Kasar Tunagrahita Kelas Dasarmampu Didik Diukur Melalui Dasar Permainan Bolatangan. Medikora, 14(1), 156441.

Sumiyati. (2017). Metode Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Diakses dari www.syekhnurjati.ac.id./jurnal/index.php/awlady. Pada tanggal 17 Desember 2018 pada pukul 15:32.

Suryana, Dadan (2018), Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenadamedia Group

Sutini, A. (2018). Meningkatkan keterampilan motorik anak usia dini melalui permainan tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2).

Ulandari, Y., Rahmat, Z., & Pratana, D. Y. (2021). Pengaruh Latihan Leg Press Terhadap Kecepatan Tendangan Lingkar Dalam Pada Atlet Tarung Derajat Satlat Ilie Banda Aceh Tahun 2020. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(1).

Widyasari, E. H. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Wijayanti, T. (2018). Pengaruh Bermain Dengan Estafet Dingklik Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini (Penelitian pada siswa Kelompok B di RA Tarbiyatussibyan Desa Kebumen Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Yunitasari, Vike Anggriana. 2020. Pengembangan Bicara Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Media Cerita Gambar Seri. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Zuhriyah, I., & Kusumaningtyas, N. (2015). Upaya Meningkatkan Keseimbangan Tubuh Anak Melalui Permainan Tradisional Kelereng Sendok Pada Kelompok B Tk Mardisiwi II Tuksongo Temanggung Tahun Ajaran 2015/2016. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2 Oktober).