PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMA TANAH AIRKU BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN
Main Article Content
Abstract
Optimalisasi penggunaan teknologi berbasis augmented reality yang mengkombinasikan dunia maya dengan dunia nyata dalam penerapan pembelajaran pendidikan anak usia dini. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah menerapkan media pembelajaran dengan augmented reality dalam mengenal lambang bilangan di TK Harapan Ibu. Pembuatan media berbasis augmented reality (AR) tentang tanah air bisa menjadi proyek yang kreatif dan edukatif. Pengguna dapat melihat informasi tambahan tentang setiap lokasi dengan mengarahkan kamera perangkat mereka ke peta.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Alkhamisi, O. (2013). Rise of Augmented Reality: Current and Future Application Areas.
International Journal of Internet and Distributed Systems, 1(1), 25–34.
Budiana, H. R. (2015). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran
Bagi Para Guru SMPN 2 Kawali Desa Citeureup Kabupaten Ciamis. Dharmakarya: Jurnal
Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 4(1), 59–62.
Etonam, A. K. (2019). Augmented Reality (AR) Application in Manufacturing Encompassing
Quality Control and Maintenance. International Journal of Engineering and Advanced Technology (IJEAT), 9(1), 197–204.
Munir. (2017). Pembelajaran Digital. CV. Alfabeta.
Mustaqim, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal
Edukasi Elektro, 1(1), 36–48.
Sudira, P. (2020). Paradigma Baru Pembelajaran Vokasional Era Revolusi Industri 4.0:
Membangun SDM Digital Among Kreativitas Dagang Inovasi. Univeristas Negeri Yogyakarta.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar
Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.
Yoon, J. W., Chen, R. E., Kim, E. J., & ... (2018). Augmented reality for the surgeon: systematic
review. Journal of Medical https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1002/rcs.1914