PENERAPAN FINGER PAINTING UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS
Main Article Content
Abstract
Finger painting merupakan kegiatan kreatif yang menyenangkan dan dapat membantu meningkatkan motorik halus anak-anak. Aktivitas ini melibatkan penggunaan jari dan tangan kecil untuk menciptakan karya seni, yang pada gilirannya dapat memperkuat otot-otot halus dan mengembangkan keterampilan motorik halus. Motorik halus pada anak usia dini memungsikan otot-otot kecil yaitu gerakan jari tangan dan koordinasi kecepatan tangan dan mata. Kegiatan ini bertujuan untuk menerapkan kegiatan finger painting pada anak untuk meningkatkan motorik halus di TK An-Nur serta memotivasi dan mendorong semangat guru dalam mengembangkan bentuk kegiatan dalam latihan motorik halus pada anak usia 5-6 tahun.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Alif Muarifah, N. (19). Identifikasi Keterampilan Motorik Halus Anak. Journal of Early Childhood Care & Education, 15.
Anggraini, A. (2016). Upaya Meningkatkan Motorik Halus Melalui Kegiatan Finger Painting
Pada Anak Kelompok B Tk Sinar Mutiara Helvetia Medan. Skripsi, 28.
Anggraini, D. (2018). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan
Finger Painting Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Raudhatul Aneli Sukabumi Bandar Lampung. Skripsi.
Cahyaninda, P. P. (2021). Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui
Kegiatan Finger Painting Di Paud Nabiilah Bandar Lampung. Skripsi,3.
Danang Aji Setyawan, H. H. (2018). Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk
Negeri Pembina Kota Surakarta.Jurnal Penjakora Volume 5 No 1,Edisi April 2018,18-19
Dema Yulianto, T. A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan
Montase Pada Anak Kelompok B Ra Al-Hidayah Nanggungan Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal PINUS Vol. 2 No. 2 Mei 2017 ISSN. 2442-9163, 120.
Dewi fitriani, a. N. (2019). Aplikasi Kegiatan Main Finger Painting Dalam Peningkatan
Kreativitas Motorik Halus Anak Usia Dini. Volume vi. Nomor 2.Juli-desember 2019.207
Febrianingsih, R. (2014). Tingkat Pencapaian Perkembangan Motorik Halus Anak Tk Aba
Kelompok B Sekecamatan Minggir Sleman Yogyakarta. Skripsi, 31-32.
Haslinda, A. (2021 ). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Finger Painting Untuk
Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dinidi Paud Al Padilah Kota Bengkulu. Tesis ,Program Pascasarjana (S2)Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Institut Agama Islam Negeri (Iain) Bengkulutahun 2021, 49.
Indraswari, L. (2020). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalaui
Kegiatan KegiatanMozaik Di Taman Kanak-Kanak Pembina Agam.. Jurnal Pesona PAUD Vol.1.No.1 Lolita Indraswari, 2.
Janita, J. M. (2016). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Teknik Mozaik
Di Raudhatul Athfal Nurul Huda Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Intiqad Vol. 8 No. 2 Desember 2016: 73 – 83 Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera, 74.
Linawati, j. Y. (2021). Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun
Melalui Kegiatan Finger Painting di Tk Darul Yaqin Kecamatan Kabun Kabupaten Rokan Hulu. Jptr Volume 1 Nomor 2 Tahun 2021 Halaman 16 – 25 Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 18.
Listiadi, B. M. (2019). Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau Dari Pembelajaran Sentra Gerak Di Paud Taman Belia Candi Semarang. SKRIPSI, 14.
Maria Evivani, R. O. (2020). Permainan Finger Painting Untuk Pengembangan Kemampuan
Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia dini.Maret 2020 . Vol 05. No. 01 P-ISSN : 2502-8197, E-ISSN : 2502-8189, 24.
Maya Mulianda Sari, S. H. (2020). Kegiatan Finger Painting Dalam Mengembangkan Motorik
Halus Anak Usia Dini. Journal of Islamic Early Childhood Education p-ISSN: 2621-0339 |e-ISSN: 2621-0770, hal. 136-145 Vol. 3, No. 2, November 2020, 138.
Nina Astria, M. S. (2015). Penerapan Metode Bermain Melalui Kegiatan Finger Painting Untuk
Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus. e-Journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Fakultas Ilmu Pendidikan.
Resty Lisdayanti, M. D. (n.d.). Pembelajaran Melukis Teknik Finger Painting Untuk
Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Di Tk Islamiyah Pontianak. 1.
Riafirda Andriani. (2019). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Finger
Painting Pada Anak Kelompok B Di Tk Alakbar Rajabasa Bandar Lampung. Skripsi, 30.
Rusanti, D. D. (2020). Penerapan Finger Painting Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak
Usia Dini Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Hidayah Bandar Lampung.Skripsi,42
Sitorus, F. R. (2017). Upaya Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun
Melalui Kegiatan Finger Painting. Skripsi.
Suwayya, H. (2018). Pengaruh Kegiatan Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik
Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di Raudhatul Athfal (Ra) Nur Ibrahimy Rantauprapat Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, 13-14.
Sari, H. I. (2016). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Finger Painting
Pada Anak Kelompok B Di Tk Goemerlang Bandar Lampung. Skripsi, 25-28.
Tendri. (2021). Penerapan Finger Painting Dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia
-6 Tahun Di Tamankanak-Kanak Tunas Harapan Desa Serdang Jayakabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi. Tesis, 24