IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL ULAR NAGA PANJANG UNTUK PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN

Main Article Content

Hilma Mithalia Shalilihat
Rahmi Wardah Ningsih
Putri Handayani

Abstract

Permainan tradisional "Ular Naga Panjang" adalah salah satu permainan yang populer di beberapa budaya di Asia, terutama di Tiongkok. Permainan ini melibatkan sekelompok orang yang membentuk barisan panjang yang menyerupai tubuh ular naga. Permainan tradisional dapat mengembangkan aspek perkembangan anak salah satunya perkembangan motorik kasar anak usia dini. Tujuan kegiatan ini adalah untuk membantu peningkatan perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun dengan bantuan penerapan permainan tradisional ular naga panjang. Objek kegiatan ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Hasanuddin. Hasil dari pengabdian masyarakat adalah peningkatan perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun dengan penerapan permainan tradisional ular naga panjang di TK Hasanuddin.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Ahmad, Anizar. 2012. Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Banda Aceh. FKIP Unsyiah, 278-284, 978-979-19690-0-0

Apriani, Dian. Penerapan Permainan Tradisional Engklek untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak kelompok B RA AL Hidayah 2 Tarik sidoarjo. Artikel jurnal. Vol. 2, 2013.

Ardini, P. P & Anik, L. (2018). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini (Sebuah Kajian Teori dan Praktik). Nganjuk: Adjie Media Nusantara.

Atik Soepandi, S. Kar. (1994). Ragam Cipta Mengenal Seni Pertunjukan Jawa Barat. Bandung: CV. Media

Berk, E Laura. 2007. Development Through the Lifespon, 4th (Newyork: Paerson).

Danandjaja, James. 1984. Folklor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng, dan Lain-Lain. Jakarta: PT Temprint

Decaprio, R. 2013. Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Kurikulum TK dan Standar Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.

Dwi W, Junita dan Tri Asmawulan. 2010. Perkembangan Motorik dan Bahasa. Surakarta: Materi Perkuliahan PG PAUD FKIP UMS.

Herbert Spencer”Musfiroh, 2008. Cerdas Melalui Bermain: Cara Mengasah Mutiple Intelligenc pada Anak Sejak Usia Dini. Jakarta : Grasindo

http://id/wikibooks.org/wiki1PermainanBerkelompok1UlarNaga

Indraswari, Lolita. Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Kegiatan Mozaik di Taman Kanak-kanak Pembina Agam. Jurnal Pesona PAUD, Vol. 1.

Irwan. 2009. Direktori Permainan Tradisional. Sumatra Selatan: Dinas Pendidi kan, Olah Raga. h. 49.

Ismail, A. 2012. Education Games Panduan Praktis Permainan yang Menjadikan Anak anda Cerdas, Kreatif, dan Shaleh. Jogjakarta.

Lickona, Thomas. 2013. Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Penerbit Nusa Media.

MiftaChun Nur. 2019. Permainan Tempo Dulu. Jokyakarta: Java litera. h. 7-8.

Musfiroh, Tadkiroatun, 2008. Cerdas Melalui Bermain : Cara Mengasah Multiple Intelligence pada Anak sejak Usia Dini (Jakarta : Grasindo)

Musfiroh, Tadkiroatun. 2008. Cerdas Melalui Bermain. Jakarta: Grasindo.

Papalia, D.E. Neiman. R.D, 2009. Human Development, Jakarta : Salemba Medika.

Rahmadani, Ni Kadek. Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar melalui Permainan Tradisional Jawa. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 8, 2014.

Rahyubi, H. 2014. Teori-teori Belajar Dan Aplikasi Pembelajaran motorik DeProposal Dan Tinjauan Kritis. Jawa barat.

Rahyubi, Heri. (2012:1). Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Majalengka: Referens.

Rohmah, Alfi. Peran Kegiatan Tari untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B di TK Muslimat Mazraatul Ulum II Paciran Lamongan. Artikel Jurnal. Vol. 2, 2013.

Rudiyanto, Ahmad. Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik Halus Anak Usia Dini. Lampung: Darussalam Pres Lampung,2016.

Santrock, J. 2007. Perkembangan anak. Jilid 1 (edisi kesebelasan). Jakarta. PT Erlanga

Sofia Hartati. 2005. Perkembangan Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan AUD, hlm. 8-9.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono, R. D. (2013). Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tedjasahputra, Mayke. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta : PT Grasindo, 2007

Usep kustiawas. 2016. Pengembangan Media pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudra, h. 189.

Wynne, E., & Walberg, H. 1984. Developing Character: Transmitting Knowledge. Posen IL: ARI. Diakses 9 April 2008, dari http://www.widerdom.com/character.html.

Yus, Anita. 2011. Model pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kencana

Yusep Mulyana, Anggi Setia Lengkana. 2019. Permainan Tradisional, Bandung: Salam Insan Mulia.

Zulaehah Hidayati. 2010. Anak Saya Tidak Nakal, Kok. Yogyakarta: Bentang Pustaka h. 61