Sosialisasi Penerapan Ketersediaan Logistik Kesehatan Dalam Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Di Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya

Main Article Content

Donal Nababan
Mindo Tua Siagian
Kesaktian Manurung

Abstract

Kejadian bencana dapat menimbulkan krisis kesehatan, seperti korban mati, korban luka, sakit, penungsi, lumpuhnya pelayanan kesehatan, penyakit menular, sanitasi lingkungan, gangguan jiwa, dan masalah kesehatan lainnya. Sementara itu pemberian pelayanan kesehatan pada saat bencana sering ada kendala akibat tidak memadainya jumlah dan jenis obat serta alat kesehatan, terbatasnya sumber daya manusia dan klaster kesehatan, serta dana operasional sehingga diperlukan logistik kesehatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian dilaksanakan di Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya pada bulan Oktober-November Tahun 2023. Sasaran kegiatan pemberdayaan ini adalah 5 (lima) orang yang berada di kabupaten Nagan Raya sebagai berikut : Kepala Sub Bagian Program 1 orang, Staff Perencanaan Program 1 orang, Pejabat Pembuat Komiten Pengadaan1 orang, Kepala Gudang IFK 1 orang, Staf IFK 1 orang. Hasil menunjukkan yaitu untuk perencanaan di Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya sudah melakukan perencanaan yang baik, dilihat dari program kerja, dan evaluasi kegiatan serta terjalinnya koordinasi antara Dinas Kesehatan dan puskesmas-puskesmas. Pengadaan logistik kesehatan sudah baik dan berasal dari ABPD Kabupaten yang sudah dievaluasi oleh DPRD. Pergudangan atau penyimpanan logistik kesehatan sudah ada, hanya saja pergudangan kurang memadai dan masih perlu adanya perbaikan. Untuk pendistribusian sudah baik, dan adanya kerjasama lintas sektor, pendistribusian oleh TNI/POLRI sangat dominan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Asmita S., dkk. (2018). Peran Dinas Kesehatan Dalam Penyediaan Logistik Di Puskesmas Kecamatan Manganitu. Jurnal Eksektif. 1 (1).

BNPB. (2011). Peraturan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nomor 20 Tahun 2011 Tentang Pedoman Monitoring dan Evaluasi Manajemen Logistik Penanggulangan Bencana. Jakarta

BNPB. (2022). Geoportal Data Bencana Indonesia. In Kejadian Bencana per Provinsi Tahun 2022.

Erlina, E. (2022). Manajemen Logistik Alat Kesehatan di Dinas Kesehatan. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat Indonesia. 3 (2).

Hutagaol, E. K. (2019). Masalah Kesehatan Dalam Kondisi Bencana: Peranan Petugas Kesehatan Partisipasi Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Institut Medika drg. Suherman. 1 (1).

Istiqomah, Z. (2020). Kesiapsiagaan Bencana Puskesmas di Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo. Thesis. Repository Universitas Jember.

Ketaren, O. (2017). Kesehatan Lingkungan dalam Penanggulangan Bencana dan Pengungsian (2nd ed.). USU Press.

Khambali, I. (2017). Manajemen Penanggulangan Bencana (1st ed.). CV. Andi Offset.

Moleong, J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Penerbit Remaja Rosdakarya Offset.

Muntasir. (2019). Manajemen Logistik Kesehatan. Penerbit Nisa Litera Inspirasi

Perda (2013). Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2013 Tentang Penanggulangan Bencana Daerah.

Pergub SU (2019). Peraturan Gubernur Sumatera Utara Nomor 24 Tahun 2019. Tentang Petunjuk Pelaksana.

Permenkes RI (2019). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2019 Tentang Penanggulangan Krisis Kesehatan.

Pusat Krisis Kesehatan (2015). Modul Peningkatan Kapasitas Petugas Kesehatan Dalam Pengurangan Risiko Bencana International. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Pusat Krisis Kesehatan (2017a). Buku Tinjauan Penanggulangan Krisis Kesehatan Tahun 2017. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Pusat Krisis Kesehatan (2017b). Pedoman Dukungan Logistik Paket Pelayanan Minimum Kesehatan Reproduksi Pada Situasi Krisis Kesehatan. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI-Dirjen Kesehatan Masyarakat.

Putri, R. (2020). Analisis Kesiapsiagaan Dinas Kesehatan Dalam Penanggulangan Krisis Kesehatan. Thesis. Universitas Airlangga.

Saryono, (2010). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Alfabeta, Bandung.

Situmorang, L. (2015). Analisis Kesiapsiagaan Dinas Kesehatan Terhadap Penanggulangan Bencana Di Kota Medan. Thesis. Fakultas Kesehatan Masyaraat Universitas Sumatera Utara.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. CV. Alfabeta.

Susilawati, A. (2018). Gambaran Kesiapan Tenaga Kesehatan Dalam Manajemen Bencana Di Puskesmas Wilayah Rawan Bencana Di Kabupaten Sumbawa Barat. Universitas Airlangga.

Trianingrum A & Bambang B R. (2022). Analisis Penyimpanan dan Pendistribusian Logistik Obat (Studi Kasus di Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten). Jurnal Kesehatan Masyarakat. 10 (4).

Undang-Undang RI. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penaggulangan Bencana. Jakarta.

Wijayanti P.A & Dewa Made J A. (2021). Implementasi Electronic Procurement Dalam Upaya Perbaikan Tata Kelola Pengadaan Alat Kesehatan. LOCUS Majalah Ilmiah FIA. 13 (1).