PENERAPAN MUSIK KLASIK TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan musik klasik terhadap kecerdasan emosional anak usia 5 - 6 Tahun di TK Markus Medan. Subjek penelitian ini adalah anak-anak di kelas B - One dan B - Two yang berjumlah 27 anak. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental dengan teknik random sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II Tahun Ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil perbandingan profil umum kecerdasan emosional grup kontrol dan grup eksperimen dan berdasarkan hasil post test anak usia 5 - 6 Tahun di kelas B - Two TK Markus Medan, ditemukan bahwa nilai rata-rata kecerdasan emosional anak pada grup kontrol dan group eksperimen meningkat, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh musik klasik terhadap kecerdasan emosional anak usia 5 – 6 Tahun. Hal ini dibuktikan dengan hasil pre test 109,86 meningkat menjadi 117,57 pada post test dan juga hasil t-Test ditemukan p value 0,000.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Agustian, A.G. 2007. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasn Emosi dan Spiritual. ESQ.Jakarta : Arga Wijaya Persada. Diakses pada tanggal 04 April 2021
Anwar. S. 2012. Pemahaman Individu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Diakses pada tanggal 31 Maret 2021
Arbatani, A. & Mousavi, M. 2012. Kecerdasan Emosional. Diakses pada dari url
Boston. 1994, Assesing Affective Characteristic in The School. ( A. Syamsudin. 2016). Diakses pada tanggal 22 April 2021.
Crow & Crow. 1998. Psikologi Belajar. Surabaya: Bina Ilmu. Diakses pada tanggal 27 April 2021
Dewo, P.S. 2000. Pendidikan Anak Pra Sekolah. Jakarta: Ranika Cipta. Diakses pada tanggal 29 Maret 2021
Djohan, 2016. Psikologi Musik. Yogyakarta: Penerbit Indonesia Cerdas. Diakses pada tanggal 16 April 2021.
Drs, A. Winarno. 2001. Kecerdasan Emosional, Lembaga Administrasi Negara. Jakarta. Diakses pada tanggal 19 April 2021.
Fantoni. A. 2011. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi, Jakarta:Rineka Cipta,2011,H. 20 “ Buku Dasar- Dasar Statistika”, Bandung, hal 163. Diakses pada tanggal 25 April 2021.
G. A. Astiko. 2013. Teori kecerdasan emosi menurut para ahli” (On-Line) tersedia di: htpp://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/vview/3070. Diakses pada tanggal 15 April 2021.
Gallahue (Sri:2005). Penelitian Kuantitaf dan Kualitatif, Bandung: Sekolah Pascasarjana UPI. Diakses pada tanggal 7 Mei 2021.
Goleman. (alih bahasa oleh T. Hermaya). 2003. Emotional Intelligence : Kecerdasan Emosional Mengapa EI lebih penting daripada IQ.Jakarta.PT.Gramedia Pustaka Utama. H.56. Diakses pada tanggal 15 Maret 2021.
Hendra. H. 2010. Pengaruh Pemberian Musik Klasik Terhadap Kecerdasaan Emosional. Yogyakarta : Psikologi Umum. Diakses pada tanggal 19 Mei 2021.
HerliaWati. 2012. Metode Penelitian (online) blogspot, tersedia : http://herliamer.blogspot.com/2012/05/babIV.html. Diakses pada tanggal 11 Mei 2021.
Insani. D. I. 2013. Pengaruh Musik Klasik Terhadap Kecerdasan Emosioanal Anak di Kelompok A di TK Kartika Surabaya. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai-/voew/3070. Diakses pada tanggal 23 April 2021.
Kajbafnezhad, H. 2016. Construction and Validation of Parental Rating Scale from Children’s Emotional Intelligence (4-8 years old). I-manager’s. Journal of Psychology, 9(4). Diakses dari https://eric.ed.gov/?id=EJ1131804. Diakses pada tanggal 15 April 2021. Diakses pada tanggal 12 Mei 2021
Kajian psikologi musik dan emosional universitas sumatera utara” (ON-Line) tersedia di : reppository.usu.ac.id/bitsream/handle/123456789/23607/ chapterII.pdf:cf 11c2709f625c57720130143076/square. Diakses pada tanggal 27 April 2021.
Karambut & Noormijati. 2012. Analisis Pengaruh Kecerdasan Emosional. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 4, No.10, 2015: 2955-2981. Diakses pada tanggal 20 April 2021.
Lestari.F. Kecerdasan Emosi (emosional intelegence), tersedia di: https://personalityffuji.wordpres.com(24 juni 2017). Diakses pada tanggal 10 Mei 2021.
Mozart (1995). Pengaruh Pemberian Musik Klasik Bagi Anak-Anak.Jakarta : Gramedia Pustaka Utama. Diakses pada tanggal 03 Mei 2021.
Naisbit. J. (1990) Megatrend 2000. Jakarta : Binurupa Aksara. Diakses pada tanggal 6 April 2021.
Ngalifah, S. (2010). Pengaruh Musik Klasik Terhadap Kecerdasan Emosional Anak di TK Kemala Bhayangkari 06 Glondong Tirtomortani Kalasan Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi: Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Diakses pada tanggal 18 April 2021.
Razak. A. A. 2006. Diktat Psikologi Perkembangan, : Fakultas Agama Islam Universitas Muslim Indonesia. Makasar, hal 26. Diakses pada tanggal 29 April 2021.
Robinson. A. S. 1981.Child Development. New York : Holt Rinehart & Winston Diakses pada tanggal 10 Juni 2021.
Sakti. S . Eksperimen mengenai emosi oleh musik bahagia dan sedih dengan volume tertentu fakultas psikologi universitas sannata dharma” (On-Line) tersedia di : http://zh.scribd.com/mobile/document/332538777/069114012--full. Dikases pada atanggal 29 April 2021.
Salim.A (2007). Musik Klasik dari Budaya Eropa sekitar 1750-1825. Yogyakarta : Pustaka Belajar. Diakses pada tanggal 03 Mei 2021.
Sari, Rahardian. N. 2005. Musik dan Kecerdasan Otak Bayi, Musik Merangsang Tumbuhnya Sel Otak, Melahirkan Kecerdasan Berfikir dan Perasaan Rileks yang Akhirnya Memicu Fungsi Berfikir Menjadi Maksimal. Bogor: KH. Kharisma Buku Aksara. Diakses pada tanggal 24 Mei 2021.
Shapiro. E. L (2001), Mengajarkan Emotional Intelligence Pada Anak. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama. Diakses pada tanggal 25 Mei 2021.
Sugiyono, Op.Cit. 2013. Metode Penelitian Kuantitafi Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta, hal. 112-113. Diakses pada tanggal 20 April 2021.
Sutoyo. A. (2012), Pemahaman Individu, ( Yogyakarta:Pustaka Pelajar, hal 85). Diakses dari http://diahnunuk.wordpress.co.id/2014/06/pengaruh-musik-terhadap-tingkat-emosi 28.html. Diakses pada tanggal 28 April 2021
W. James dan Carl Lange (Efendi dan Praja, 1985:82), Asal Usul Emosi. Tersedia di:http://p2k.itbu.ac.id. Diakses pada tanggal 14 April 2021.
Widyatama. S. (2012). Sejarah Musik dan Apresiasi di ASIA. Jakarta: PT. Balai Pustaka. Diakses pada tanggal 9 April 2021.
Yusuf.S. (2002). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Rosda Karya.
Diakses pada tanggal 10 Juni 2002