PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Main Article Content

Sondang Purba
Niken Farida
Rahmi Wardah Ningsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia4-5 tahun, pelaksanaan guru menggunakan media audio visual guru perlu melakukan mempersiapkan alat untuk digunakan dalam pembelajaran, guru mengatur posisi anak duduk supaya lebih fokus kepada media yang ditampilkan, guru menampilkan video animasi dalam bentuk pengenalan huruf, kemudian anak bisa bertanya tentang gambar yang ditampilkan memberikan kebebasan memberi tanggapan, setelah itu guru bisa bertanya kepada anak tentang huruf sampai dengan anak mengenal huruf. Jenis penelitian yang digunakan adalah kajian literatur dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengenalan huruf pada anak usia dini sebaiknya menggunakan media audio visual karena dengan menampilkan gambar, suara animasi akan lebih mendorong, memotivasi, menyenangkan, dan menantang dalam belajar, sehingga anak lebih mudah dalam mengetahui bentuk dan simbol huruf. Dengan menggunakan media audio visual, yang dapat menampilkan gambar, animasi, video, suara yang menarik, dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Citra Mir Atur, Mohammad Afifulah, Yorita Febry Lismanda (2020). Mengenal Huruf Media Grafis Berbasis Audio Visual Pada Kelompok A1 RA Muslimat Nu 1 Malang.

Dina Oktaviani. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Salsa.

Dina, Oktiviani dan Kamitni. (2017). Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Bunga Rampai Usia Emas. Vol.3.No 1. Juni 2017. http://jurnal.unimed.ac.id

Febrianty Razuba (2019.) Pengembangan Media Audio Visual Untuk Mengenal Huruf Dan Bilangan Pada Anak Usia Dini Di Tk Bhakti Mandala Jember.

Luluk Rochana. (2015). Pemanfaatan Media Berbasis Computer Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini 4-5 Tahun. Di TK Al-Faradis Sidoarjo Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al-Hikmah Mojekerto. jurnal.stitjualhikmah.ac.id

Ratnasari Dwi Ade Chandra. (2016). Pengembangan Media Audio Visual Untuk Mengenal Huruf Dan Bilangan Pada Anak Usia Dini Di Tk Bhakti Mandala Jember

Ratnasari Dwi Ade Chandra. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Di RA Assafiyah Mada Jaya Way Khilau Pesawara

Rora Rizky Wandin. (2017). Pengenalan Huruf Vokal Terhadap Anak Usia Dini Dengan Media Audio Visual

Ulfah Nabilla Maghfi. (2019) Penerapan Audio-Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini di Paud Tsabita Kalianda. Lampung Selatan. respository.radenintan.ac.id

Ulfah Nabilla Maghfi. (2019). Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Huruf Anak Usia Dini. FakultasTarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Raden Intan: respository.radenintan.ac.id