IMPLEMENTASI KEGIATAN MENARI UNTUK PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5 - 6 TAHUN DI TK TUNAS PRESTASI

Main Article Content

Hilma Mithalia Shalilihat
Niken Farida

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kegiatan menari terhadap perkembangan motorik kasar anak 5-6 tahun, mengetahui pengaruh kegiatan menari dapat meningkatkan perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian dalam ini yaitu penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2021 dimana subjek penelitian adalah 10 anak usia 5-6 tahun tahun di TK Tunas Prestasi Medan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi data dianalisis dengan deskripsi kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kegiatan Menari Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Athun yaitu setelah dilaksanakan kegiatan Menari Terhadap Perkembangan Motorik Kasar yaitu 4 anak berada pada kategori BSH dan 6 anak berada pada kategori BSB.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Aisyah Siti, dkk. 2012. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Tangerang Selatan. Universitas Terbuka.

Desni.2010. Metode Pengembangan Motorik Halus Usia Dini. Potianak: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjung Pura

FridaniLara, Wulan Sri , Pujiastuti Sri Indah. 2010. Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta. Universitas Terbuka.

Gunarti Winda, Suryani Lilis, Muis Azizah. 2010. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta. Universitas Terbuka.

Hildayani Rini, dkk. 2014. Psikologi Perkembangan Anak. Tangerang Selatan. Universitas Terbuka.

Kusuma Wijaya, dan Dwita gama Dedi. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Indeks.

Nurkamelia, 2019. Perkembangan fisik motorik anak usia dini (Standart Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak) STPPA Tercapai di RA Harapan Bangsa Maguwoharjo Condong Catur Yongyakarta. Riau.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : Alfabeta

Sumantri,M. Syarif,dkk. Metode Pengembangan Fisik. Tangerang Selatan : UniversitasTerbuka.

Suyanto,S. 2005.Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.Yogyakarta : Hakiyat.

Wardhani Igak, dan Wihardit Kuswaya. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Universitas Terbuka

Mulyani, Novi. 2016. Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini.Yogyakarta : Penerbit Gava Media