Penyuluhan Manfaat Konsumsi Buah Dan Sayur Dalam Mewujudkan Masyarakat Hidup Sehat Di Klinik Pratama Nusantara

Main Article Content

Darwita Juniati Barus
Desy Lustiyani R

Abstract

Banyak mengkonsumsi buah dan sayur sangat penting bagi kesehatan kita, namun pelaksanaanya masih rendah terutama pada anak usia remaja dan orang dewasa. Kebiasaan makan mereka akan memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan serta pada kesehatan mereka di masa yang akan datang. Di usia remaja dan dewasa cenderung mengkonsumsi makanan cepat saji dan jarang mengkonsumsi buah dan sayur, dimana semuanya sangat enak dan gampang untuk didapatkan saat ini. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memotivasi dan meningkatkan kesadaran dan konsumsi buah dan sayur pada para peserta pengabdian. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian ini adalah metode penyuluhan kepada masyarakat kepada pasien yang berkunjung ke Klinik Pratama Nusantara. Data hasil kegiatan dianalisis secara desktiptif. Hasil kegiatan menunjukan bahwa setelah dilaksanakan penyuluhan terjadi peningkatan pengetahuan pasien yang berkunjung ke Klinik Pratama terhadap buah dan sayur sebesar 80%. Sehingga setelah dilaksanakan kegiatan ini diharapkan terjadi peningkatan kesadaran dan konsumsi buah dan sayur pada peserta yang diberikan penyuluhan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Bahria, Triyanti. (2010). Faktor-faktor yang Terkait Dengan Konsumsi Buah dan Sayur Pada Remaja Di 4 SMA Di Jakarta . Jurnal Kesehatan Masyarakat. Vol. 4, No. 2, 63-71.

Dhaneswara DP. (2016). Faktor yang mempengaruhi Niat Makan Sayur dan Buah Pada Mahasiswa Asrama Universitas Airlangga. Jurnal Promkes. Vol. 4, No. 1, 34-47.

Kusumajaya AAN, Cintari L, Dewi NNA. (2010). Hubungan Faktor Sosial Demografi dan Perilaku Konsumsi Buah dan Sayur pada Anak Remaja. Jurnal Skala Husada. Vol. 7, No. 1, 93-101.

Lathifuddin M, Nurhayati A, Patriasih R. 2018. Pengetahuan “Buah dan Sayur” Sebagai Hasil Penyuluhan Gizi Siswa SD yang Mengalami Obesitas di Kota Bandung. Media pendidikan, Gizi, dan Kuliner. Vol. 7, No. 1, 45-54.

Oktavia AR, Syafiq A, Setiarini A. (2019). Faktor- faktor yang Berhubungan dengan Konsumsi Buah- Sayur Pada Remaja di Daerah Rural-Urban, Yogyakarta. Jurnal Keperawatan Raflesia. Vol.1, No. 1, 33-44.

Rahman BN, Mustika IG, KusumawatiIGA. (2017). Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Konsumsi Buah dan Sayur Siswa SMP di Denpasar. Jurnal Gizi Indonesia. Vol. 6, No. 1, 9-16.

Widani NL. (2019). Penyuluhan Pentingnnya Konsumsi Buah dan Sayur pada Remaja di Sos Desataruna Jakarta. Jurnal PATRIA. Vol. 1, No.1, 57-68.