Edukasi Upaya Penurunan Kecemasan Persalinan Melalui Terapi Komplementer Di BPM Mariana

Main Article Content

Asima Sirait
Mestika Lumbantoruan
Rinawati Sembiring

Abstract

 Kecemasan dan stress mampu menghambat produksi hormon oksitosin. Kecemasan yang dirasakan oleh ibu juga akan dapat mempengaruhi kesejahteraan janin. Kecemasan ini sering dialami oleh ibu hamil dan ibu bersalin terutama ibu dengan kehamilan maupun persalinan yang pertama (Sialagan, 2018). Penanganan yang terlambat akan berdampak terhadap fisik dan psikis pada ibu dan janin. Kegiatan pengabdian masyarakat ini yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ibu tentang upaya penurunan kecemasan persalinan melalui terapi komplementer di   BPM Mariana. Kegiatan dilakukan melalui penyuluhan (pemberian materi), diskusi, demonstrasi. Hasil kegiatan diperoleh edukasi mampu meningkatkan pengetahuan ibu tentang upaya penurunan kecemasan persalinan melalui terapi komplementer di   BPM Mariana. Rekomendasi setelah kegiatan ini adalah penerimaan ibu atas pemberian terapi komplementar untuk mengurangi kecemasan dalam persalinan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

American Psychiatric Association. 2013. Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5), Fifth Edition. Washington DC: American Psychiatric Association Pub

Aritonang, J. (2018) “Peningkatan Pengetahuan Ibu Tentang Imunisasi Pentabio Lanjutan Setelah Pemberian Pendidikan Kesehatan Di Puskesmas Lampaseh Aceh,” J. Ris. Kesehat. Nas., Vol. 2, No. 2, Pp. 1–6, Nov. 2018

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, Badan Pusat Statistik, Kementerian Ksehatan R.I., MEASURE DHS, ICF International. Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia 2012. Jakarta: Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional; 2013

Donelli, D., Antonelli, M., Bellinazzi, C., Gensini, G,F., Firenzuoli, F. 2019. Effects of Lavender on Anxiety: A Systematic Review and Meta-analysis. Elshevier Journal Phytomedicine. 65(1): 1-31.

Kulkarni, Sandeep and Sean, Tjunan, Sia. 2014. Hazards of Labour Pain and the Role of Non-Neuraxial Labour Analgesia. Trends in Anaesthecia and Critical Care, pp. 109-114

Nawir H. Angka Kematian Ibu dan Bayi di Parepare Tinggi, Ini Penyebabnya [Internet]. news.rakyatku.com. 2016 [cited 2019 Oct 23].

Nichols FH, Humenick SS. Childbirth Education: Practice, Research and Theory. Philadelphia: Saunders; 2000

Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Rineka Cipta: Jakarta

Notoatmojo S. Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta; 2011.

Rohani., Saswita, R., Marisah. 2011. Asuhan Kebidanan pada Masa Persalinan. Jakarta: Salemba Medika.

Siallagan, D., & Lestari, D. (2018). Tingkat Kecemasan Menghadapi Persalinan Berdasarkan Status Kesehatan, Graviditas dan Usia di Wilayah Keja Puskesmas Jombang. Indonesian Journal of Midwifery (IJM), 1(2).

Smith, CA, et al. 2018. Relaxation Techniques for Pain Management in Labor., Cochrane Review.

Suprijati. 2014. Efektivitas Pemberian Aromaterapi untuk Menurunkan Kecemasan Ibu Hamil Trimester III dalam Persiapan Menghadapi Persalinan di Bidan Praktek Mandiri Suprijati Desa bagi Kecamatan/ Kabupaten Madiun. Jurnal Delima Harapan. 2(1):58-65.

Triana. Pengaruh Penggunaan Birthing Ball Terhadap Penurunan Skor Nyeri Pada Ibu Bersalin Kala I Fase Aktif Di Klinik Bersalin. J Kebidanan Bekasi. 2019;5(1)