Pembinaan Literasi Membaca melalui Self Motivation sebagai Upaya Mengembangkan Life Skill dan Meningkatkan Hasil Belajar pada Anak SMA Santo Thomas Medan

Main Article Content

Fithria Rizka S
Diana Maulida Zakiah

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan bertujuan untuk membantu dan mendukung   para  guru serta mengembangkan program literasi yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam berliterasi dan menignkatkan motivasi siswa dalam belajar.  Pengabdian masyarakat yang dilaksanakan dilatarbelakangi oleh rendahnya peringkat literasi Indonesia dan rendahnya kemampuan membaca peserta didik Indonesia di dunia Internasional berdasarkan data yang dirilis oleh World’s Most Literate Nations, dan Progres in International Reading Literacy Study. Sebagai bentuk nyata kegiatan pengabdian pada masyarakat maka dilaksanakan sebuah kegiatan training yang bertujuan untuk menumbukan motivasi diri pada peserta didik dalam meningkatkan minat dan kemampuan membaca.  Metode kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini menggunakan metode ceramah.  Pelatihan ini akan membantu para siswa mengoptimalkan digital literasi  dan mendorong berkembangnya kecakapan hidup peserta didik dalam mengembangkan potensi diri dan lebih bijak dalam menggunakan media digital. Hasil dari pelaksanaan PkM ini didapatkan adanya respon motivasi belajar yang semakin baik, yang ditunjukan oleh peningkatan nilai yang diperoleh dari hasil pre test dan post test dalam pemahaman konsep sains

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Purba, Lestari Melati, M. H. 2018. Peningkatan Literasi Sekolah Guru dan Siswa melalui Pengabdian Kepada Masyarakat Perpustakaan STIE Perbanas Surabaya. Artikel, 12.

Purwanto. (2013). Motivasi belajar dalam pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Tarbiyah “At-Tajdid,” 2(2), 221–236.

Sardiman, A. (2020). Integrasi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sikula Andrew E. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia (3rd ed). Bandung: Erlangga.

UNESCO. (2005). Literacy for Life. Paris (Prancis): United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization.

Syahidin. 2020. Meningkatkan Minat Membaca Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Artikel, 8.