Sosialisasi Pemeliharaan Preventif Dan Korektif Dental Unit

Main Article Content

Hotromasari Dabukke
Adiansyah
Salomo Sijabat

Abstract

Sosialisasi pemeliharaan preventif dan korektif dental unit dilaksanakan di klinik Nusantara, kegiatan ini berlangsung dengan baik.  Pemeliharaan dental unit sangat penting di lakukan guna untuk menunjang berlangsungnya pelayanan kesehatan. Dental Unit merupakan sebuah peralatan kedokteran gigi yang dipergunakan dalam pengobatan atau perawatan kesehatan gigi dan mulut, yang alat tersebut didalamnya belum termasuk kursi dan peralatan kecil (instrumen) kedokteran gigi lainnya. Dental Unit ini yang memiliki aksesoris yaitu dental chair, Three Way Syiringe, Dental Light, Contra Angele handpiece, slow and speed handpiece, saliva ejector, dental stool, separator, foot controller,tray assembly, radiograph viewer, dan water unit. Pemeliharaan Preventif harus dilakukan secara rutin untuk menjaga kualitas dan kinerja alat. Pemeliharaan preventif merupakan kegiatan pemeliharaan yang bersifat pembersihan, pelumasan, penggantian suku cadang dan aksesoris yang masa waktunya harus diganti. Pemeliharaan korektif/perbaikan merupakan  kegiatan pemeliharaan yang bersifat perbaikan kerusakan ringan sampai berat. Metode yang digunakan ceramah dan eksperimen. Tujuan pengabdian kepada Masyarakat ini adalah melatih user di klinik untuk melakukan pemeliharaan sederhana dental unit yang bertujuan untuk menjaga kinerja alat dan memperpanjang usia alat. Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan ini dan menambah pengetahuan para user dalam mengatasi masalah sederhana terhadap dental unit.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Andriani, A. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Diruangan Poli Umum Puskesmas Bukittinggi. Jurnal Endurance, Vol.2 No. 1, pp. 45 – 52.

Anggraeny, C. (2013). Inovasi Pelayanan Kesehatan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Puskesmas Jagir Kota Surabaya. Jurnal Kebijakan Publik dan Manajemen Publik, Vol. 1 No.1, pp. 85 – 93.

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. (2006). Standar Prosedur Operasional Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Jakarta: Author

Servis manual book dental unit https://eurods.eu/bibliotheek/files/Instr_Belmont_tbCOMPASS.pdf

Permenkes No.15 Tahun 2023 Tentang Pemeliharaan Alat Kesehatan Di Fasilitas Pelayanan Kesehatan