Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan di Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Langkat

Main Article Content

Rosanna Purba
Rika Mei Hayani Ginting
Ernita Siagian

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan bertujuan untuk memberikan pelatihan penyusunan laporan keuangan kepada anggota Kwartir Cabang Gerakan Pramuka  langkat. Permasalahan yang dihadapi adalah Belum adanya laporan keuangan yang disajikan oleh peserta dalam mengelola usahanya menyebabkan sulit dalam menentukan posisi keuangan (aset, utang dan modal) serta laba rugi riil atas usaha yang dijalankan.  Hasil dari kegiatan ini peserta dapat mengetahui dan memahami penyusunan laporan keuangan yang baik dan benar.Melalui pelatihan ini, peserta dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru tentang pembukuan sederhana yang dapat membantu mereka mengelola keuangan usaha mereka dengan lebih baik. Membuat laporan keuangan yang lebih teratur dan transparan, serta memonitor perkembangan teratur dan transparan, serta memonitor perkembangan usaha yang lebih efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Setyawati, I., et.al. (2018). A Visual Trend Of Literature On Ecopreneurship Research Overviewed Within The Last Two Decades. Journal of Entrepreneurship Education, 21(4)

Khan, M. T. 2014. The Concept of Marketing Mix and its Elements (A Conceptual Review Paper). International Journal of Information, Business and Management, 6(2)

Kirkwood, J., & Walton, S. 2010. What motivates ecopreneurs to start businesses?. International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research, 16(3)

Setyabudi, Teguh Gunawan, et.al. 2020. Pelatihan Pembukuan Sederhana Dan Penyusunan Laporan Keuangan Macro Coffee Roastery. Surabaya : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

Kurniawati, E. P., et.al. 2012. Penerapan Akuntansi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Manajemen dan Keuangan (JMK), 10(2)

Sixpria, N., Suhartati, T., & Warsini, S. 2014. Implementasi Standar Akuntansi Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK-ETAP) Dalam Proses Akuntansi dan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Akuntansi, Keuangan dan Perbankan, 1(2)