Pemanfaatan Media Powerpoint Beranimasi Materi Sistem Pencernaan Makanan Manusia Pada Siswa Smp Di Lembaga Osci Medan

Main Article Content

Eka Margaret Sinaga
Maniur A Siahaan
Apriska Dewi Sipayung

Abstract

Pendidikan sangat penting dalam perkembangan individu dan masyarakat, tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga membantu dalam pengembangan berbagai aspek diri, termasuk keterampilan, sikap, dan nilai-nilai. Seiring perkembangan zaman, tuntutan hidup manusia memang semakin kompleks dan berubah dengan cepat. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang fokus pada pemahaman dan interpretasi makna peristiwa atau interaksi manusia dalam situasi tertentu. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 19-20  Oktober 2023 yang dilaksanakan di Lembaga OSCI Medan Pada siswa-siswa SMP yang berjumlah 25 siswa. Dari hasil validasi media, media dinyatakan layak yang berdasarkan kriteria dinyatakan layak dengan catatan adanya penambahan materi sistem pencernaan. Media pembelajaran powerpoint interaktif juga memiliki respon siswa cukup baik yang dilihat dari aspek strategi pembelajaran dan komunikasi visual mendapatkan masuk kedalam kriteria layak.. peneliti dapat memberikan saran kepada peneliti berikutnya untuk melakukan pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif ini pada materi biologi lainnya, khususnya materi yang membutuhkan media pembelajaran pendukung.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Anshori, S. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 2(1), 88–100.

Borboa, D., Joseph, M., Spake, D., & Yazdanparast, A. (2014). Perceptions and use of Learning management system tools and other technologies in higher education: A prelimanary analysis. Journal of Learning in Higher Education, 10(2), 17–23.

Damayanti, P. A., & Qohar, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Powerpoint pada Materi Kerucut. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 119–124.

Dewi, M. D., & Izzati, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis RME Materi Aljabar Kelas VII SMP. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 217.

Sulistyowati, Tri., & Poedjiastoeti, Sri. 2013. “Kelayakan Multimedia Interaktif Berbasis Intertekstual Pada Materi Reaksi Kimia Untuk Siswa Kelas X SMA”. Unesa Journal of Chemical Education. 2(3) : Hal 60-61. ISSN :2252-9454.

Surjono, Herman Dwi. 2017. Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan.Yogyakarta : UNY press.

Putri, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Microsoft Office Powerpoint pada Materi Virus Kelas X SMA / MA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 6847–6855.

Roffiq, A., Qiram, I., & Rubiono, G. (2017). Media Musik Dan Lagu Pada Proses Pembelajaran. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 2(2), 35.